Anggota FKPPI Parepare Dilatih Keterampilan Mengolah Cangkang Kerang

Kamis, 07 Januari 2021 - 16:25 WIB
loading...
Anggota FKPPI Parepare Dilatih Keterampilan Mengolah Cangkang Kerang
Pelatihan keterampilan mengolah limbah kerang yang digelar PC 1912 FKPPI Parepare di Balai Ainun Parepare, Rabu (7/1/2020). Foto: SINDOnews/Darwiaty Dalle
A A A
PAREPARE - Pengurus Cabang 1912 Forum Komunikasi Putra Putri TNI/Polri (FKPPI) Kota Parepare menggelar pelatihan keterampilan mengolah cangkang kerang , Rabu (7/1/2020). Kegiatan yang diikuti belasan peserta dari rayon IV FKPPI Parepare tersebut, dilaksanakan di Balai Ainun.

Sekretaris PC 1912 FKPPI Parepare , Tommy Sunarto saat membuka kegiatan pelatihan mengatakan, pelatihan ini perlu dilakukan karena melihat potensi cangkang kerang di Parepare, utamanya pada wilayah pesisir yang melimpah. Sehingga, sebagai sumber bahan baku kerang-kerangan mudah didapatkan.



“Bagaimana kita bekali para anggota dengan keterampilan, khususnya dalam kerajinan kerang-kerangan. Karena Parepare potensi kerang-kerangan, kita juga berada di pesisir, sumber bahannya ada, sehingga itu yang menjadi tujuan kami khusus di bidang ekonomi koperasi,” papar Tommy.

Melalui kegiatan tersebut, tambah Tommy, meteri yang didapatkan anggota FKPPI Parepare dapat menjadi bekal keterampilan, sehingga dapat diimplementasikan untuk pemanfaatan limbah laut, khususnya kerang-kerangan dalam menciptakan produk unggul di masa pandemi Covid-19 ini.

“Ke depan, kita berharap seluruh peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan, dapat lebih meningkatkan kemampuan keterampilannya hingga menjadi usaha home industri," harapkan.



Pihaknya, kata Tommy lagi, juga akan mengupayakan kerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Parepare yang saat ini berada di bawah binaan Ketua TP PKK Parepare , Erna Rasyid Taufan. Kerja sama ini untuk pemasaran hasil kerajinan tangan nantinya.

"Kita juga akan ajak kerja sama Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata untuk pemasaran dan sekaligus promosinya, sehingga pengrajin kerang dapat lebih berproduksi," tandasnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2454 seconds (0.1#10.140)