Selama Setahun, 2.504 Jiwa di KBB Terdampak Bencana, 4 Meninggal Dunia

Rabu, 06 Januari 2021 - 17:07 WIB
loading...
Selama Setahun, 2.504 Jiwa di KBB Terdampak Bencana, 4 Meninggal Dunia
Bencana tanah longsor masih dominan terjadi di wilayah KBB dikarenakan 11 dari total 16 kecamatan yang ada memiliki potensi kerawanan bencana cukup tinggi apalagi di saat musim penghujan. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
BANDUNG BARAT - Kejadian bencana tanah longsor menjadi yang paling banyak terjadi di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) selama tahun 2020. Untuk itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), KBB, meminta masyarakat tetetap waspada terhadap ancaman longsor yang bakal terjadi di 2021.

Berdasarkan data yang didapat dari BPBD KBB selama periode Januari-Desember, telah terjadi longsor sebanyak 143 kejadian. Jumlah jiwa terdampak 774 dengan korban meninggal satu orang. Sedangkan secara keseluruhan di KBB terjadi 345 kejadian bencana dengan total jiwa terdampak sebanyak 2.504 jiwa. (Baca juga: Penambang Emas di Bogor Tertimbun Tanah Longsor, Sudah 2 Hari Belum Bisa Dievakuasi)

"Bencana longsor tahun lalu mendominasi. Tahun ini pun kemungkinan sama, apalagi ada 11 kecamatan di KBB yang rawan longsor dan banjir bandang," terang Kepala Pelaksana BPBD KBB, Duddy Prabowo kepada SINDOnews, Rabu (6/1/2021).

Menurutnya, kecamatan rawan bencana di KBB di antaranya Kecamatan Rongga, Gununghalu, Cipongkor, Sindangkerta, Cililin. Lalu Kecamatan Cipatat, Saguling, Cisarua, Parongpong, Lembang, dan Ngamprah yang semuanya rawan longsor dan banjir bandang ketika musim penghujan datang.

Salah satu faktor yang meningkatkan risiko tanah longsor di 11 kecamatan tersebut, karena tingkat kemiringan lahannya rata-rata mencapai 25 hingga 30 derajat. Kondisi tanah yang labil dan tidak memiliki akar rambatan sehingga sangat rapuh ketika digerus air.

Hal tersebut diperparah dengan maraknya pembangunan permukiman sehingga daerah tangkapan air jadi berkurang. "Seperti kejadian longsor di Desa Jayagiri, Lembang, yang mengakibatkan seorang warga meninggal akhir tahun kemarin, dikarenakan daerahnya tebing dan banyak rumah warga dibangun," ucapnya.

Sebagai antisipasi dini potensi bencana di wilayah, pihaknya telah bekerjasama dengan BMKG untuk memasang alat deteksi pergerakan tanah di beberapa lokasi di antaranya Cililin, Cikalongwetan, Cisarua, Ngamprah, dan Saguling. (Baca juga: Dua Warga Sorong Tewas Tertimbun Tanah Longsor, Satu Rumah Rusak)

Termasuk menyiapkan 50 personel lapangan yang akan bergerak jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam. "Petugas piket selalu kami siapkan, apalagi saat ini hujan masih turun dengan intensitas tinggi," pungkasnya.


Rekapitulasi Jumlah Kejadian Bencana dan Korban Jiwa di Kabupaten Bandung Barat, Periode Januari-Desember 2020 :

* Jenis Bencana :

Longsor : 143 Kejadian
Kebakaran : 69 Kejadian
Angin Puting Beliung : 93 Kejadian
Banjir Bandang : 16 Kejadian
Pergerakan Tanah : 23 Kejadian
Gempa Bumi : 1 Kejadian

Total : 345 Kejadian

* Jumlah Total Rumah Rusak 530 (Rusak Berat 202, Rusak Sedang 102, Rusak Ringan 226)
* Jumlah Total Korban Orang 16 (4 meninggal dunia)
* Kerusakan Fasos Fasum 6
* Jumlah Jiwa Terdampak 2.504
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1456 seconds (0.1#10.140)