Libur Nataru Saat Pandemi, Trafik Telekomunikasi Naik di Daerah

Selasa, 05 Januari 2021 - 17:10 WIB
loading...
Libur Nataru Saat Pandemi, Trafik Telekomunikasi Naik di Daerah
ilustrasi
A A A
BANDUNG - XL Axiata mencatat kenaikan trafik telekomunikasi di beberapa daerah. Kenaikan grafik kali ini berbeda dengan libur Nataru tahun sebelumnya, di mana kenaikan trafik lebih banyak di daerah perkotaan.

Direktur Teknologi XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, kenaikan trafik lebih banyak di daerah. Sebaliknya, trafik di wilayah Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya mengalami penurunan.

(Baca juga: Libur Nataru, Trafik XL Axiata di Jawa Timur Naik 7 Persen )

“Selain itu, naik dan turunnya trafik berdasarkan wilayah, ini juga kemungkinan dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah pusat dan daerah dalam membatasi pergerakan warga dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19," jelas dia.

Pada masa liburan akhir tahun kali ini, trafik layanan di jaringan XL Axiata meningkat hanya di sebagian kecil provinsi. Kondisi ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Itu pun kenaikannya juga tidak setinggi biasanya.

Kenaikan trafik XL Axiata di wilayah Jawa Barat selama periode Natal dan Tahun Baru 2021 menunjukkan terjadinya peningkatan tertinggi di Kabupaten Cianjur sebesar 13%, Kabupaten Subang 13%, dan Kabupaten Indramayu lebih dari 12%, dan Kabupaten Cirebon sebesar 11%.

(Baca juga: Kasus Prostitusi Online, Polda Jabar Periksa Pramugari dan Pegawai Bank )

Sejumlah wilayah tujuan wisata popular di Jawa Barat seperti Lembang di Kabupaten Bandung Barat, juga Pangandaran yang biasanya mengalami kenaikan trafik signifikan, tahun ini justru tidak terlihat mengalami kenaikan yang berarti dibanding hari biasa.

Sementara itu, peningkatan trafik terjadi di rest area ruas Tol Cikopo-Palimanan yang mencapai 50% dibandingkan hari biasa. Hal ini tidak mengherankan karena ruas tol ini menjadi jalur utama masyarakat dari Jabodetabek yang akan menuju wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2931 seconds (0.1#10.140)