Libur Nataru, Trafik XL Axiata di Jawa Timur Naik 7 Persen

Selasa, 05 Januari 2021 - 11:18 WIB
loading...
Libur Nataru, Trafik XL Axiata di Jawa Timur Naik 7 Persen
Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
SURABAYA - Trafik jaringan XL Axiata selama Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Jawa Timur (Jatim) mengalami kenaikan rata-rata 7%.

Berdasarkan kota/kabupaten, kenaikan trafik tertinggi terjadi di Kabupaten Tuban sebesar 19%, Kabupaten Pamekasan 16%, dan Kabupaten Sumenep sebesar 15%.

Direktur Teknologi XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, kenaikan trafik di area bandara yang tertinggi terjadi di Bandara Juanda 23%.

Sedangkan di Stasiun Pasar Turi, Surabaya, naik sebesar 5%. Namun, jika dilihat berdasarkan lokasi-lokasi yang identik dengan keramaian, kenaikan trafik yang terjadi di tahun ini tidak setinggi di tahun-tahun sebelumnya.

"Adanya pembatasan pengunjung berdampak pada tidak terjadinya keramaian di lokasi-lokasi tersebut," katanya, Selasa (5/1/2021).

Sementara itu, selama periode 24 Desember 2020 hingga 2 Januari 2021, secara nasional, rata-rata trafik pemakaian layanan data XL Axiata oleh pelanggan meningkat hingga 15%, dengan kenaikan tertinggi mencapai 70%.

Seperti yang telah diprediksi, layanan streaming mendominasi kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik percakapan (voice) mengalami penurunan sebesar 6% dan untuk trafik SMS mengalami kenaikan 2% dibandingkan hari biasa.

Menurut Gede, pandemi COVID-19 , tidak serta-merta menghentikan masyarakat untuk merayakan Nataru.

Meski tidak leluasa beraktivitas di luar ruang, namun mereka tetap bisa mengisi masa liburan dan merayakan kedua hari besar tersebut dengan beragam aktivitas digital.

"Hal ini bisa dilihat dari trafik data di area pemukiman yang naik sekitar 7% dibandingkan hari normal, dengan hampir semua jenis layanan data trafiknya ikut naik," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2600 seconds (0.1#10.140)