Angin Kencang Terjang Tasikmalaya, Puluhan Rumah Warga Rusak

Senin, 04 Januari 2021 - 07:53 WIB
loading...
Angin Kencang Terjang Tasikmalaya, Puluhan Rumah Warga Rusak
Petugas gabungan melakukan pemotongan pohon yang roboh diterjang angin kencang, dan menimpa rumah warga Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Foto/iNews TV/Asep Juhariyono
A A A
TASIKMALAYA - Angin kencang menerjang wilayah Kabupaten Tasikmalaya , Jawa Barat. Akibatnya, puluhan rumah warga mengalami kerusakan. Bahksan, satu rumah warga rusak berat akibat tertimpa pohon besar.

(Baca juga: Dihantam Angin Kencang Disertai Hujan Lebat, Kapal Tongkang Terjang 5 Rumah di Batam )

Terjangan angin kencang tersebut, sempat terekam video amatir warga di Kampung Margasari, Desa Margalaksana, Kecamatan Selawu, Kabupaten Tasikmalaya , pada Minggu (3/1/2021) petang.

Relawan BPBD Kabupaten Tasikmalaya , Udan Zaenudin mengatakan, akibat bencana angin kencang tersebut sedikitnya 20 rumah warga rusak, satu di antaranya rusak parah akibat tertimpa pohon petai berukuran besar yang tumbang.

"Saat ini satu keluarga terpaksa harus mengungsi, karena rumahnya rusak parah. Sementara puluhan rumah lainnya hanya mengalami kerusakan ringan pada bagian atapnya," ujar Udan Zaenudin.

(Baca juga: Jatuh ke Jurang di Lereng Gunung Rinjani, Pendaki Asal Surabaya Ditemukan Tak Bernyawa )

Sementara itu pemilik rumah yang tertimpa pohon tumbang, Dede Ruhimat mengatakan, saat kejadian dirinya bersama keluarga sedang beres-beres di dalam rumah. Tiba-tiba, pohon petai berukuran besar yang berada di depan rumah ambruk dan menimpa atap rumah.

"Pohon petai yang tumbang ini sempat membuat kami yang ada di dalam rumah kaget. Istri saya sampai syok. Kami masih belum tahu akan mengungsi kemana, karena tidak ada tempat tinggal lagi," tuturnya.



Pasca bencana angin puting beliung, pada Minggu (3/1/2021) malam, BPBD Kabupaten Tasikmalaya , bersama warga setempat langsung melakukan kerja bakti membersihkan puing-puing reruntuhan, dan membersihkan pohon petai yang ambruk.

(Baca juga: Tawuran Kelompok Remaja Pecah di Medan, Aparat Polsek Dibantu Brimob Lakukan Tindakan Tegas )

Butuh waktu enam jam untuk mengevakuasi pohon petai yang ambruk menimpa rumah Dede Ruhimat. Sulitnya medan, dan guyuran hujan deras membuat proses evakuasi banyak mengalami hambatan.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5513 seconds (0.1#10.140)