Puting Beliung Terjang Cirebon, Ratusan Rumah Warga di Desa Selangit Rusak

Minggu, 03 Januari 2021 - 06:25 WIB
loading...
Puting Beliung Terjang Cirebon, Ratusan Rumah Warga di Desa Selangit Rusak
Ratusan rumah warga di Desa Selangit, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, rusak diterjang angin puting beliung. Foto/Okezone/Fathnur Rohman
A A A
CIREBON - Ratusan rumah warga di Desa Selangit, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon , Jawa Barat, rusak akibat diterjang angin puting beliung . Rata-rata, kerusakan terjadi di bagian atap rumah.

(Baca juga: Siaga Dampak Cuaca Ekstrem, Polda Kepri Siagakan Tim Tanggap Bencana )

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Cirebon , Alex Suheriyawan mengatakan, berdasarkan data sementara, ada sebanyak 278 rumah warga di Desa Selangit, yang mengalami kerusakan akibat bencana angin puting beliung . Dari 278 rumah ini, sekitar 20 rumah masuk kategori rusak berat.

Dijelaskan Alex, angin puting beliung yang melanda Desa Selangit, terjadi pada Sabtu (2/1/2021) sekitar pukul 16.50 WIB. Angin tersebut, muncul pertamakali dari arah selatan ke utara dan langsung menyapu rumah warga di Desa Selangit.

"Terjadi pukul 16.50 WIB. Diawali dengan angin kencang , ada juga hujan yang tidak begitu besar. Dan pertemuan dua angin itu yang menjadi pusaran," kata Alex, Minggu (3/1/2021) dini hari.

(Baca juga: Sulawesi Utara Terima 23 Ribu Dosis Vaksin COVID-19, Tenaga Kesehatan Jadi Prioritas )

Alex melanjutkan, ada beberapa warga yang sempat mengungsi karena rumah mereka rusak akibat bencana angin puting beliung . Akan tetapi, saat ini mereka semua sudah kembali ke rumah masing-masing.



Menurutnya, selain rumah, dua gardu listrik yang ada di sekitar Kantor Desa Selangit, juga mengalami konsleting listrik. Imbasnya, setelah peristiwa angin puting beliung terjadi, aliran listrik di Desa Selangit sempat terputus.

"Fasilitas umum yang terdampak ada mushola. Ada dua gardu yang konsleting. Kemudian putus kabel. Sehingga di sini mati listrik," ujar Alex.

(Baca juga: Arus Balik Libur Nataru Dari Sumatera Menuju Jawa Mulai Naik, Diprediksi Hari Ini Puncaknya )

Bencana angin puting beliung terjadi Sabtu (2/1/2021) sore tadi. Angin datang dari arah utara menuju keselatan, dan langsung memporak-porandakan rumah warga. Setelah itu, angin kembali lagi dari arah selatan ke utara. "Angin berawal dari atas menuju ke bawah. Dari arah selatan ke utara, ke Desa Selangit. Kemudian kembali lagi," ucap Alex.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1389 seconds (0.1#10.140)