KNPI Nobatkan Ridwan Kamil Bapak Pembangunan Kepemudaan Jawa Barat

Jum'at, 01 Januari 2021 - 08:34 WIB
loading...
KNPI Nobatkan Ridwan Kamil Bapak Pembangunan Kepemudaan Jawa Barat
KNPI Nobatkan Ridwan Kamil Bapak Pembangunan Kepemudaan Jawa Barat. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dinobatkan sebagai Bapak Pembangunan Kepemudaan Jawa Barat karena dinilai sebagai sosok inspiratif dan contoh bagi pemuda di Provinsi Jabar.

Penobatan tersebut diberikan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jabar dalam kegiatan KNPI Award 2020 yang digelar secara virtual Senin (28/12/20) malam lalu.

Ketua KNPI Jabar, Rio F Wilantara menyatakan, pemuda harus berkontribusi pada pembangunan lewat kerja sama dengan para pemangku kebijakan, sementara KNPI Award menjadi stimulusnya.

"Piala bukan segalanya, yang penting manfaat lebih luas bagi pembangunan Jabar," kata Rio dalam keterangan resminya, Kamis (31/12/2020).

Menurut Rio, KNPI Award 2019 lalu telah memberikan implikasi kepada kenaikan indeks pemuda. Oleh karenanya, kegiatan tahunan KNPI Jabar tersebut harus lebih digiatkan.

"Kita punya parameter dan ukuran penilaian yang mengacu pada Permenpora terkait indeks pembangunan pemuda. Ada 10 instrumen, lalu diolah oleh kita, dinilai dari tim akademisi, birokrat, Dispora Jabar, dan KNPI," jelasnya.

Lebih lanjut Rio mengatakan, pihaknya bersama Pemerintah Provinsi Jabar juga telah menggagas kerja sama lintas sektoral untuk mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi para pemuda di Jabar.

Rio menekankan, pemuda harus dilibatkan dalam semua unsur pembangunan. Hal itu dinilainya penting, agar pemuda tidak ada yang menganggur atau bahkan terjerumus dalam tindakan kriminal.

"Maka kami berinisiasi dengan Pak Gubernur (Jabar) membuka (kerja sama) lintas sektoral. Semua anak-anak muda dilibatkan di setiap pembangunan di Jawa Barat, supaya tidak ada pengangguran, kriminalitas, dan lain-lain," katanya.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, di awal kepemimpinannya sebagai Gubernur pada 2018 lalu, Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Jabar berada di peringkat 34 di Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1412 seconds (0.1#10.140)