Menparekraf Sandiaga Bertemu Gubernur Bali, Bahas Pemulihan Pariwisata

Minggu, 27 Desember 2020 - 18:37 WIB
loading...
Menparekraf Sandiaga Bertemu Gubernur Bali, Bahas Pemulihan Pariwisata
Menparekraf Sandiaga Uno memakai udeng khas Bali dan menggendong ransel saat tiba di area Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu (27/12/2020). Foto: SINDONews/Miftahul Chusna
A A A
DENPASAR - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bertemu Gubernur Bali, I Wayan Koster di Denpasar, Minggu (27/12/2020). Keduanya membahas upaya pemulihan pariwisata Bali yang terdampak pandemi COVID-19 .

“Baru saja menyelesaikan rangkaian diskusi dengan Bapak Gubernur Bali," kata Sandiaga kepada MNC Portal Indonesia. (Baca Juga: Kunker Perdana, Menparekraf Sandiaga Uno Tinjau Bandara Ngurah Rai Bali)

Pertemuan dihadiri pula oleh Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Sekretaris Daerah Bali, Dewa Made Indra, Wakil Bupati Badung, Ketut Suiasa dan sejumlah pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sandiaga menjelaskan, dalam pertemuan, Gubernur Koster menyampaikan tentang fokus Pemerintah Provinsi Bali bahwa penularan COVID-19 telah diputus dan terus ditekan dari jumlah kasus. (Baca Juga: Gubernur Bali: SE 2021 Bukan untuk Sengsarakan Rakyat)

Gubernur Koster juga memaparkan tentang dampak ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang sangat luar biasa akibat pandemi. Pemerintah Provinsi Bali berharap adanya kolaborasi dari pemerintah pusat dalam pemulihan ekonomi untuk sektor pariwisata, yang selama ini telah banyak memberikan lapangan pekerjaan dan lahan penghasilan untuk masyarakat di Bali. "Terutama mengenai hibah untuk sektor pariwisata," ungkap Sandiaga.

Pemerintah Provinsi Bali juga mengajukan pinjaman lunak sebesar Rp9 triliun di tahun 2021 untuk sektor pariwisata, sehingga diharapkan bisa memberikan kesempatan sektor korporasi di Bali untuk bertahan. “Tentunya berkolaborasi dengan Kementerian Keuangan atau OJK," imbuhnya. (Baca Juga: Kisah Pilu Pemandu Lagu dengan Layanan Plus-plus yang Ingin Tobat di 2021)

Sandiaga dan Koster juga sepakat ke depan, pariwisata Bali akan mengedepankan wisata bahari, tentu tanpa meninggalkan ruh basis budaya dan kearifan lokal. Juga konsep pariwisata yang berkelanjutan terutama mengenai permasalahan sampah. "Bagaimana kita bisa memastikan bahwa pariwisata ini menjadi pariwisata yang berkelanjutan dan sehat,” tandas mantap Cawapres ini.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1143 seconds (0.1#10.140)