Jamin Keamanan Natal di Kota Bandung, Ratusan Personel TNI-Polri Disiagakan

Kamis, 24 Desember 2020 - 13:10 WIB
loading...
Jamin Keamanan Natal di Kota Bandung, Ratusan Personel TNI-Polri Disiagakan
Ratusan personel Polri-TNI siaga mengamankan Natal di Kota Bandung.Foto/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Polrestabes Bandung dan Kodim 0618/Berdiri Sendiri (BS) Kota Bandung mengerahkan 750 personel untuk mengamankan perayaan Natal di 34 gereja di Kota Bandung. Pengamanan dilakukan secara terbuka dan tertutup.

"Yah jumlah personil TNI-Polri gabungan sebanyak 750 personel menyebar baik itu di gereja-gereja maupun di jalan-jalan dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru," kata kata Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya saat mengecek Gereja HKBG, Jalan Riau, Kota Bandung, Kamis (24/12/2020).

Kombes Pol Ulung mengemukakan, anggota yang berjaga di gereja juga dipersenjatai untuk mengantisipasi segala kemungkinan.

(Baca juga: Menag: Selamat Natal 2020, Rayakan dengan Sederhana dan Terus Berbagi Kasih )

Pengecekan langsung bersama Kodim 0618/BS dan Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung, ujar dia, bertujuan agar pelaksanaan perayaan Natal 2020 di gereja
menerapkan protokol kesehatan ketat.

Dari hasil pengecekan, ujar Kombes Pol Ulung, sebagian besar gereja di Kota Bandung menerapkan kegiatan misa Natal secara virtual. Jemaat mengikuti kegiatan ibadah dari rumah.

"Namun ada yang datang ke gereja. Jumlahnya dibatasi 10-30 persen. Jadi ya itu lebih bagus untuk menjaga keamanan dan keselamatan umat itu sendiri," ujar Kombes Pol Ulung.

( )

Kapolrestabes Bandung menuturkan, dari total 150 gereja di Kota Bandung, hanya 34 yang melaksanakan kegiatan. Namun, pengurus gereja membatasi jumlah jemaat yang hadir.

Dia mencontohkan, misal kapasitas gereja 700 jemaat. Yang diizinkan hadir di gereja hanya 100 orang. Pengurus gereja pun menerapkan protokol kesehatan secara ketat. "Sebelum masuk gereja, jemaat dicek dengan rapid test dan swab. Cek suhu tubuh dan lain-lain," tutur Kapolrestabes Bandung
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1042 seconds (0.1#10.140)