Pemkot Makassar Siapkan Anggaran Bantuan Tak Terduga Rp50 Miliar

Senin, 21 Desember 2020 - 07:43 WIB
loading...
Pemkot Makassar Siapkan Anggaran Bantuan Tak Terduga Rp50 Miliar
Pemkot Makassar siapkan anggaran untuk bantuan tak terduga senilai Rp50 miliar. Foto: Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Dana Bantuan Tak Terduga (BTT) kembali dialokasikan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar pada tahun 2021, nanti. Anggaran ini diperuntukkan bagi sesuatu yang bersifat darurat dan mendesak. Nilainya Rp50 miliar.

Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Makassar, Rahmat Mappatoba mengatakan, anggaran itu diperuntukkan untuk hal-hal yang tak terduga. Semisal bencana alam ataupun non alam seperti Covid-19 .

"Tahun depan itu kita support BTT Rp50 miliar. Jadi namanya tak terduga, kita belum tahu untuk apa. Bisa bencana alam, ataupun bencana dari dampak sosial," kata Rahmat, Minggu (20/12/2020).

Bahkan, menurut dia, bukan tidak mungkin jika anggaran ini akan digunakan untuk mendukung pembelajaran tatap muka di tengah pandemi. Apalagi, Dinas Pendidikan Makassar masih membutuhkan anggaran sekitar Rp20 miliar untuk keperluan belajar tatap muka.



Mulai dari penyediaan masker, hand sanitizer, pengadaan tempat cuci tangan hingga swab massal 12 ribu tenaga pendidik. "Jadi BTT ini bisa saja untuk belajar tatap muka di sekolah, selama sifatnya darurat mendesak," ucap dia.

Jika dibandingkan tahun ini, dana BTT cukup besar Rp262,57 miliar. Bahkan, pihaknya sudah mencairkan Rp121,5 miliar pada akhir November lalu untuk penanganan bencana non-alam Covid-19 . Anggaran itu diberikan ke tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menangani Covid-19.

Ketiganya yakni Dinas Kesehatan Kota Makassar Rp46,37 miliar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar Rp22,69 miliar, dan Dinas Sosial Kota Makassar Rp52,45 miliar.

"Banyak yang kita alihkan ke beberapa jenis belanja melalui parsial kemarin, ada beberapa kegiatan yang kita normalkan kembali. Jadi sisa anggaran BTT saat ini tinggal Rp9 miliar,” kata dia.

Rahmat mengaku sisa anggaran BTT masih akan membantu tiga OPD yang saat ini fokus menangani Covid-19 . Itupun jika mereka masih membutuhkan. Apalagi tidak semua dana BTT yang dicairkan digunakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1503 seconds (0.1#10.140)