DPRD Kendal Dorong Pemdes Alokasikan Dana Desa untuk Tanggap Corona

Kamis, 16 April 2020 - 20:52 WIB
loading...
DPRD Kendal Dorong Pemdes Alokasikan Dana Desa untuk Tanggap Corona
Anggota Komisi A DPRD Kendal, Rizky Aritonang mendorong pemdes menganggarkan dana desa untuk tanggap corona. Foto/Istimewa
A A A
KENDAL - Peran pemerintahan desa (pemdes) dalam upaya pencegahan wabah Covid-19 sangat penting. Pemdes sebagai pihak yang bersentuhan langsung dengan warga, diharapkan mampu menekan penyebaran virus corona yang sedang menjadi pandemi di hampir seluruh negara di dunia.

Untuk memaksimalkan peran aparatur pemdes, anggota DPRD Kendal terjun ke dapilnya masing-masing memantau pelaksanaan tanggap Covid-19 yang dilakukan para pemangku kepentingan terkait.

Seperti yang dilakukan Rizky Aritonang, anggota DPRD dari Dapil V, yang memantau langsung ke sejumlah desa di Kecamatan Weleri dalam tiga hari terakhir ini, 13-15 April 2020. Meliputi Desa Penaruban, Karangdowo, Karanganom dan Desa Payung. Di desa yang dikunjungi ini, pihaknya melihat langsung sejauh mana kesiapan pemerintah desa melakukan upaya pencegahan Covid-19.

"Saya mengapresiasi sikap responsif pemdes yang telah melakukan upaya pencegahan kepada warganya. Seperti melakukan penyemprotan disinfektan, melakukan sosialisasi pencegahan kepada warganya, mendata dan memantau setiap kedatangan warga yang masuk ke desanya," kata Aritonang, Kamis (16/4/2020).

Anggota Komisi A DPRD Kendal yang membidangi pemerintahan ini mendorong pemerintah desa menganggarkan 25-35% dari Dana Desa untuk kegiatan tanggap corona. Hal ini, menurutnya, sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Desa (Mendes) Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Nomor 8 tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan penegasan pelaksanaan Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

Selain melakukan pengawasan, politikus muda dari Partai Gerindra ini juga meminta pemdes mengoptimalkan penggunaan masker di kalangan warganya. Penggunaan masker sebagai alat pelindung diri, tegasnya, saat ini telah diwajibkan oleh pemkab Kendal. Hal ini disampaikan kepada setiap pemdes yang ditemui seraya membagikan bantuan masker.

"Menurut penelitian medis, penularan virus corona melalui saluran pernapasan. Karena itu, masyarakat diminta menggunakan masker saat berada di luar rumah. Peran pemdes di sini sangat penting agar warganya terhindar dari virus corona," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1499 seconds (0.1#10.140)