Agustinus Taolin-Aloysius Hale Resmi Ungguli Petahana di Pilkada Belu

Rabu, 16 Desember 2020 - 22:25 WIB
loading...
Agustinus Taolin-Aloysius Hale Resmi Ungguli Petahana di Pilkada Belu
KPU Belu menetapkan pasang calon nomor urut 2 Agustinus Taolin dan Aloysius Hale Seren sebagai pemenang dalam Pilkada Belu dengan perolehan 50.623 suara. Foto iNews TV/Stepanus D
A A A
ATAMBUA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belu menetapkan pasang calon (paslon) nomor urut 2 Agustinus Taolin dan Aloysius Hale Seren sebagai pemenang dalam Pilkada Belu dengan perolehan 50.623 suara. Penetapan kemenangan tersebut dilakukan melalui rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan suara, dalam Pilkada Serentak 202 0, Rabu (16/12/2020).

Rapat yang dipimpin Ketua KPU Belu Mikhael Nahak menetapkan, pasangan dr Agustinus Taolin dan Aloysius Hale Serens unggul 50.623. suara atas pasangan petahana Wily Brodus Lay dan JT Ose Luan (Sahabat) yang meraih suara 50.376.

Rapat pleno yang diwarnai dengan berbagai penolakan saksi nomor urut 1, Wily Lay dan Ose Luan inipun akhirnya berakhir dengan penetapan kemenangan atas paslon no urut 2.
(Baca: Ingin Pulang Kampung ke Malang, Pemuda Ini Nekat Menyeberangi Teluk Balikpapan Menggunakan Galon)

Rapat yang dimulai sekitar pulul 11.00 Wita itu berlanjut hingga usai sekitar pukul 18.00 Wita ini, selain dihadiri oleh para komisioner KPU, rapat juga dihadiri oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Belu Andreas Parera serta seluruh anggota PPK dari 12 kecamatan.

Kapolres Belu AKBP Khairul Saleh mengatakan, pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi di KPU hari ini berjalan aman dan kondusif. Selain karena aparat yang siaga, kata dia, kesadaran dari masyarakat sangat berperan menciptakan situasi yang kondusif.

“Pengamanan saat rapat pleno rekapitulasi dilakukan dengan sistem terbuka dan tertutup. Pengamanan melibatkan BKO Brimob Nusantara anggota Kodim 1605/Belu. Jumlah keseluruhan personel yang disiagakan berjumlah 450 personel gabungan,” kata Kapolres.
(Bisa diklik: Ini Alasan Pemuda asal Malang Nekat Sebrangi Teluk Balikpapan Pakai Galon demi Pulang Kampung)

Ketua KPU Belu Mikhael Nahak menegaskan, rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Belu hari ini telah dilaksakan meskipun terdapat banyak aksi protes dari saksi pasangan calon tertentu.

“Prosesnya telah berjalan dengan baik dan untuk paslon yang tidak puas dengan hasil keputusan hari ini dipersilahkan untuk melalukan banding ke MK dalam ketentuan waktu 3x 24 jam,” ungkap dia.

Mikhael Nahak menambahkan, untuk untuk rapat pleno kali ini paslon no urut 2 keluar sebagai pemenang dengan perolehan 50.623 suara.

Sebelumnya Pilkada Belu diikuti oleh dua pasangan calon bupati yaitu paslon Wily Brodus Lay dan JT Ose Luan (Sahabat) dengan no urut 1. Paslon petahana ini diusung oleh PDIP, Gerindra, PAN, Demokrat, Hanura.

Sementara pasangan calon untuk no urut 2 yaitu Agustinus Taolin dan Aloysius Haleserens (Sehati) yang diusung oleh Partai Nasdem, PPP, Golkar,PKB, PKS, PKPI dan Perindo.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)