Ini Alasan Pemuda asal Malang Nekat Sebrangi Teluk Balikpapan Pakai Galon demi Pulang Kampung

Rabu, 16 Desember 2020 - 21:03 WIB
loading...
Ini Alasan Pemuda asal Malang Nekat Sebrangi Teluk Balikpapan Pakai Galon demi Pulang Kampung
Dedik Purnomo pemuda di Balikpapan, Kalimantan Timur yang nekat menghanyutkan diri menggunakan galon air minum lantaran tak punya uang membeli tiket untuk pulang ke kampung halaman akan dibantu proses kepulangannya oleh Polisi. Foto iNews TV/M Azis
A A A
BALIKPAPAN - Dedik Purnomo (27) pemuda di Balikpapan, Kalimantan Timur yang nekat menghanyutkan diri menggunakan galon air minum lantaran tak punya uang membeli tiket untuk pulang ke kampung halaman di Putuk Rejo RT 005 RW 005 Desa Kemantren, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur rencananya akan dibantu proses kepulangannya.Pihak kepolisian saat ini menunggu kesepakatan dengan pihak keluarga Dedik untuk membantu kepulangannya ke Malang.

Dedik usai ditemukan petugas Kepolisian Polsek Semayang terapung di Teluk Balikpapan usai aksi nekatnya hendak menghanyutkan diri telah dibawa menuju rumah kerabatnya. Saat ini korban dalam kondisi baik.

"Kondisi korban sehat saat kami periksa. Korban juga bagus saat diajak ngobrol. Cuman mungkin korban stres karena ada masalah dengan keluarga di sini, dan tidak punya uang makanya dia nekat sebrangi Teluk Balikpapan pakai galon," ungkapKapolsek Pelabuhan Semayang AKP Retno Ariani ketika dikonfirmasi.

Sementara Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi mengungkapkan,pihak Kepolisian memastikan akan membantu untuk membelikan tiket kepulangan kepada korban.

"Sementara dari keluarga belum ada jawaban kepastian, saat ini korban sedang bersama keluarganya. Tetapi pada prinsipnya jika keluarga tidak keberatan saya akan bantu memulangkan ke Malang," kata Kombes Pol Turmudi.

Rencana memulangkan Dedik sendiri akan dilakukan Kamis (17/12/2020) menggunakan transportasi kapal laut.
(Baca: Ingin Pulang Kampung ke Malang, Pemuda Ini Nekat Menyeberangi Teluk Balikpapan Menggunakan Galon)

"Niat ini masih saya koordinasikan dengan Kapolsek Pelabuhan Semayang.Saya akan monitor dan jika memang keluarga mengizinkan kami akan bantu memberangkatkan lewat kapal resmi," tukas Turmudi.

Seperti diketahui, seorang pria bernama Dedik Purnomo (27) nekat menghanyutkan diri dari Teluk Balikpapan, Rabu (16/12/2020) sore.
(Bisa diklik:Kisruh Habib Rizieq Berlarut, Ridwan Kamil Tuntut Tanggung Jawab Mahfud MD)

Kejadian bermula saat warga melihat korban mengapung di Teluk Balikpapan persis di Pelabuhan Chevron Balikpapan Kota. Melihat itu, warga pun langsung berteriak dan mengatakan ada korban tenggelam. Personel Polsek Pelabuhan Semayang yang mendapat informasi pun langsung melakukan evakuasi.

Bersama dengan warga, menggunakan speedboat, korban pun akhirnya dibawa ke daratan dan selanjutnya dibawa ke kantor kepolisian untuk dilakukan pemeriksaan.

Sementara menurut pengakuan korban, dia mengaku nekat menghanyutkan diri untuk pulang ke Jawa lantaran tidak mempunyai uang untuk membeli tiket kapal. Karena sudah tidak ada pilihan lain dan akibat ada persoalan dengan keluarganya di Balikpapan akhirnya korban nekat pun merakit dua galon minum dan menghanyutkan diri sembari yakin akan hanyut ke kampung halamannya.

"Sudah empat bulan di Balikpapan tidak punya kerjaan. Saya tinggal sama kakak saya di perumahan Rengganis, Balikpapan Selatan. Karena tidak punya uang dan tidak ada pilihan lain, saya nekat menghanyutkan diri," ujar Dedik.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1910 seconds (0.1#10.140)