Pemkot Cimahi Siapkan 180 Liang Lahat Baru Bagi Jenazah COVID-19

Rabu, 16 Desember 2020 - 20:59 WIB
loading...
Pemkot Cimahi Siapkan 180 Liang Lahat Baru Bagi Jenazah COVID-19
Proses pemakaman pasien COVID-19.Foto/ilustrasi
A A A
CIMAHI - Upaya Pemkot Cimahi untuk mengatasi keterbatasan lahan makam bagi pasien yang meninggal karena positif COVID-19, membuahkan hasil. Pasalnya kini sudah disiapkan sebanyak 180 liang lahat di area pemakaman baru khusus jenazah COVID-19.

"Sudah ada disiapkan lahan pemakaman baru, lokasinya masih berada di sekitar Kelurahan Cigaperan, Kecamatan Cimahi Utara. Ada dua blok, masing-masing blok ada 90 liang lahat, jadi totalnya 180," kata Plt Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, Rabu (16/12/2020).

Ngatiyana menyebutkan, lahan pemakaman baru itu disiapkan sebagai antisipasi, karena lahan makam khusus COVID-19 sebelumnya hampir penuh. Walaupun pada dasarnya dirinya tidak ingin muncul lagi kasus kematian di Cimahi gara-gara terpapar COVID-19.

(Baca juga: 400 Personel Satpol PP Kota Bandung Siap Halau Kerumunan Libur Nataru )

Tetapi faktanya, kata dia, setiap hari selalu ada saja pasien yang meninggal akibat COVID-19. Baik yang sudah terkonfirmasi positif, maupun statusnya probable atau belum diketahui hasilnya namun terlebih dahulu meninggal dunia.

Sampai hari ini saja sudah ada 49 warga Kota Cimahi yang terkonfirmasi positif kemudian meninggal dunia. Atau jika dirata-ratakan ada 2-3 pasien positif COVID-19 yang meninggal. Sementara yang statusnya porbabel sudah ada 10 orang.

"Melihat tren seperti itu sudah waktunya disiapkan lahan baru. Karena lahan yang ada di blok F, G dan H sudah penuh," sebutnya.

(Baca juga: Bupati KKB Minta Warga Tetap di Rumah saat Libur Nataru, Ini yang Ditakutkan )

Saat ini Cimahi kembali masuk kategori zona merah atau risiko tinggi penularan COVID-19. Setiap harinya selalu ada puluhan kasus baru yang terkonfirmasi positif. Secara total jumlah kasusnya sudah mencapai 1.607 orang.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1695 seconds (0.1#10.140)