Tiga Diklat PPSDM Geominerba untuk Penunjang Kegiatan Pertambangan

Rabu, 13 Mei 2020 - 14:47 WIB
loading...
Tiga Diklat PPSDM Geominerba untuk Penunjang Kegiatan Pertambangan
Tiga Diklat PPSDM Geominerba untuk Penunjang Kegiatan Pertambangan
A A A
BANDUNG - Peningkatan kualitas sumber daya manusia internal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral kembali menjadi perhatian. Diselengarakan secara online, kali ini digelar tiga acara pendidikan dan pelatihan sekaligus yaitu Diklat Pengenalan Air Tanah, Diklat Pengenalan Batu Mulia dan Batu Hias, Diklat Pengenalan Geologi bagi Aparatur Non Teknis Berbasis Online.

Ini menjadi salah satu upaya PPSDM Geominerba mengembangkan potensi SDM guna menunjang kegiatan pertambangan. Diklat tetap digelar meski dengan memaksimalkan teknologi internet dalam situasi yang kurang mendukung akibat mewabahnya COVID 19.

“Saya berharap pandemi ini tidak menurunkan semangat kita untuk terus berupaya mengembangkan pengetahuan dan kompetensi para pegawai Kementerian ESDM,” kata Kepala Bidang Penyelenggaraan dan Sarana Prasarana, Ade Hidayat saat membuka diklat secara daring, Selasa (12/5/2020).

(Baca: Pegawai PPSDM Geominerba dan BDTBT Ikuti Diklat Pengenalan Geologi)

Dia berharap, materi yang telah dipelajari menjadi bekal pada saat berkarya di dunia pertambangan ke depannya.

Antusiasme pelaksanaan ketiga diklat yang akan berlangsung selama tiga hari ke depan (12-14 Mei) ini cukup menggembirakan. Ketiga diklat masing-masing diikuti setidaknya 25 peserta. Mereka adalah pegawai non teknis yang berasal dari internal KESDM.

Tujuan penyelenggaraan Diklat Batu Mulia dan Batu Hias adalah menyiapkan kemampuan peserta mengenali potensi dan prospek batu mulia. Mereka juga diharapkan mampu memahami proses dan pengolahan dan mengenal jenis geologi batu mulia serta batu hias.

(Baca: PPSDM Geominerba Juga Punya Bimtek untuk Konstruksi Sipil)

Diklat Pengenalan Air Tanah diharapkan menghasilkan alumni peserta yang mampu menjelaskan dasar-dasar air tanah, cara menghemat air tanah, dan menjelaskan peta air tanah (hidrogeologi), serta banyak lagi.

Sementara Diklat Pengenalan Geologi bagi Aparatur Non Teknis diharapkan menghasilkan peserta untuk mampu mengenal tentang geologi dan sumber daya mineral. Tak hanya itu, karena ada serta beberapa pengaplikasiannya dalam lingkup kegiatan KESDM.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2311 seconds (0.1#10.140)