Sigap Cetak SDM Kompeten, Dinas ESDM Provinsi Jabar Bersinergi bersama PPSDM Geominerba

Jum'at, 26 Januari 2024 - 11:41 WIB
loading...
Sigap Cetak SDM Kompeten, Dinas ESDM Provinsi Jabar Bersinergi bersama PPSDM Geominerba
Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat dengan PPSDM Geominerba besinergi untuk menyelenggarakan Pelatihan Teknisi Pengolahan Mineral. (Foto: dok PPSDM Geominerba)
A A A
BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat berupaya untuk memastikan terimplementasikannya kaidah pertambangan yang baik (Good Mining Practices).

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral, dan Batubara (PPSDM Geominerba) merupakan institusi pemerintah di bidang pendidikan dan pelatihan sektor Geominerba yang sudah terakreditasi A oleh Komisi Akreditasi Lembaga Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan (KA-LDP).

Kali ini, Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat dengan PPSDM Geominerba besinergi untuk menyelenggarakan Pelatihan Teknisi Pengolahan Mineral yang dilaksanakan selama lima hari pada 22-26 Januari 2024.

Tujuan dilaksanakannya Pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan mengenai kegiatan pertambangan beserta pengolahannya, proses dasar pengolahan, serta penerapan K3 dan Lingkungan dengan dapat menghasilkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi sesuai dengan peraturan yang berlaku untuk jabatan Teknisi Pengolahan.

Para peserta akan dibekali materi yang disampaikan oleh Tim Pengajar PPSDM Geominerba dan Politeknik Energi dan Pertambangan (PEP) Bandung.

Materi yang disampaikan, di antaranya kegiatan pertambangan mineral, peremukan mineral, penggerusan mineral, pemisahan ukuran mineral, peningkatan kadar mineral, pengurangan kadar air, pemisahan padatan cairan, penanganan debu dan gas buang, serta K3LH Pertambangan Mineral.

Lalu, para peserta juga akan melakukan praktik laboratorium mineral, praktik kerja lapangan/kunjungan, dan seminar dengan dibagi menjadi empat topik, yaitu crusher, grinding, screening, dan gravity consentration.
(skr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0896 seconds (0.1#10.140)