Kodam XII Tanjungpura Siapkan Tenaga Pemakaman Jenazah Pasien Corona

Kamis, 16 April 2020 - 19:18 WIB
loading...
Kodam XII Tanjungpura Siapkan Tenaga Pemakaman Jenazah Pasien Corona
Kodam XII/Tanjungpura menyiapkan personel untuk membantu proses pemakaman jenazah pasien COVID-19 di wilayah Pontianak dan Kubu Raya, Kalimantan Barat. Foto/Ist
A A A
KUBU RAYA - Kodam XII/Tanjungpura menyiapkan personel untuk membantu proses pemakaman jenazah pasien yang terinfeksi virus corona (COVID-19) di wilayah Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Guna menyiapkan tenaga pemakaman tersebut, Kodam XII/Tanjungpura menyelenggarakan pelatihan pemakaman dan dekontaminasi kepada 21 personel Kompi Kavaleri 12/Macan Dahan Cakti (Kikav 12/MDC). Latihan yang dilaksanakan di Markas Kikav 12/MDC ini dilakukan agar dalam proses pemakaman jenazah sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). (Baca juga: Tes Corona Meningkat, Perlu Langkah Antisipasi dari Pemda dan Tenaga Medis)

Kapten Czi Dipo dari Yonzipur 6/Satya Digdaya memberikan materi latihan teori dan praktek. Dalam latihan ini, personel Kikav 12/MDC dibekali dengan prosedur pemulasaraan jenazah pasien COVID-19 serta prosedur yang harus dilakukan setelah melakukan pemakaman. Hal ini gua meminimalisir personel yang melakukan pemakaman terpapar virus corona.

Kapten Czi Dipo mengatakan, materi yang diberikan meliputi cara penggunaan alat pelindung diri (APD) yang benar, cara menangani jenazah dari kamar mayat ke pemakaman, perlakuan dan kegiatan tim pemakaman selesai kegiatan pemakaman dan dekontaminasi (penyemprot disinfektan, pelepasan APD dan sterilisasi kendaraan).

Kapendam XII/Tanjungpura, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe menjelaskan latihan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman terhadap keluarga dari pasien positif Covid-19 dan melindungi personel yang melaksanakan pemakaman jenazah pasien positif virus corona.

Dia menambahkan, setiap rumah sakit telah menyiapkan petugas untuk memakamkan pasien. Namun, jika petugas pemakaman tidak mencukupi, personel Kodam XII/Tanjungpura siap dilibatkan. Sebab, pemakaman jenazah terjangkit COVID-19 harus selesai dalam waktu empat jam. "Untuk itu kami berikan pelatihan, agar personel Kodam XII/Tanjungpura siap apabila dibutuhkan untuk membantu pemakaman jenazah dari pasien COVID-19," jelasnya.

Aulia mengatakan, untuk melindungi personel yang disiapkan untuk melakukan pemakaman, Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memberikan dukungan berupa kelengkapan APD. "Di antaranya jumpsuit, sarung tangan medis, masker face, masker N-95, sepatu boots, alat penyemprot gendong, serta kaca mata face shield," jelasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1201 seconds (0.1#10.140)