Longsor Tutup Jalur Wisata Gunung Bromo dan 5 Rumah Warga Suku Tengger Rusak

Selasa, 15 Desember 2020 - 06:10 WIB
loading...
Longsor Tutup Jalur Wisata Gunung Bromo dan 5 Rumah Warga Suku Tengger Rusak
Longsor Tutup Jalur Wisata Gunung Bromo dan 5 Rumah Warga Suku Tengger Rusak. Foto/SINDOnews/Jaka S
A A A
PASURUAN - Cuaca ekstrim membuat tanah longsor terjadi di jalur wisata Gunung Bromo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Senin (14/12/2020) siang.

Akibatnya akses jalan sempat terputus karena material tanah menutup jalan raya. Selain itu, 5 rumah ranga Suku Tengger rusak parah karena terkena longsor.

Bencana alam ini disebabkan intensitas hujan yang sangat tinggi hingga tanah tergerus aliran air. Longsor terjadi di wilayah destinasi wisata Gunung Bromo tepatnya di Desa Baledono, Kecamatan Tosari, Pasuruan.

Saat ini satu alat berat dikerahkan untuk menepikan material tanah longsir di jalan raya menuju Gunung Bromo. Adapun rumah warga yang rusak rata-rata di bagian dapur.

(Baca juga: Sosialisasi Prokes, Polres Probolinggo Kota Bagikan Masker Gratis di Warung Kopi)

"Longsir berlangsung pada Minggu malam. Saat itu hujan sangat deras dan terdengar suara gemuruh. Selanjutnya tanah menimbun rumah kami," tutur Endang Jatmiko, warga.

Sementara itu, Kepala BPBD Pemkab Pasuruan Tecto Jati mengatakan, pihaknya mendatangkan alat berat untuk ditempatkan di pos setempat sebagai antisipasi bencana susulan.

(Baca juga: Begini Cara Atasi Kebosanan Anak Selama Belajar di Rumah)

"Hal ini disebabkan apabila dikerjakan secara manual pengerjaannya akan memakan waktu lama. Apalagi curah hujan sangat tinggi satu pekan ini," tandasnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3053 seconds (0.1#10.140)