Arif-Rista Unggul di Pilkada Kebumen, Pengamat: PDIP dan NU Faktor Utama

Kamis, 10 Desember 2020 - 14:23 WIB
loading...
Arif-Rista Unggul di Pilkada Kebumen, Pengamat: PDIP dan NU Faktor Utama
Pasangan Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih unggul di Pilkada Kebumen dengan perolehan suara lebih dari 60%. PDIP dan NU dinilai menjadi faktor penentu. Foto/Ist
A A A
KEBUMEN - Pasangan Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih unggul di Pilkada Kabupaten Kebumen dengan perolehan suara lebih dari 60%. Meski di pekan terakhir massif gerakan menggalang dukungan untuk kolom kosong, tetapi pasangan Arif-Rista tetap mendominasi hampir semua kecamatan di Kabupaten Kebumen.

Faktor utama yang menyebabkan pasangan ini dominan dan unggul adalah PDIP dan Nahdhatul Ulama (NU) . Analisa itu disampaikan akademisi STIE Putra Bangsa, Muhammad Baihaqi, menanggapi kemenangan Arif-Rista di Pilkada Kebumen.

(Baca juga: KPK Ingatkan Pemenang Pilkada Tak Manfaatkan Jabatan untuk Korupsi)

“PDIP sejak awal pencalonan Arif-Rista menjadi satu-satunya yang terlihat paling depan dalam upaya sosialisasi ke masyarakat maupun konsolidasi di internal partainya. Sementara NU dalam konteks ini PCNU Kabupaten Kebumen melalui tokoh sentral dan kader penggeraknya menjadi instrumen yang efektif di basis-basis kultural NU di hampir semua desa,” kata Baihaqi, Kamis (10/12/2020).

(Baca juga: Menang 4 Pilkada di Sumatera Barat, PDIP: Terima Kasih Masyarakat Sumbar)

Dia menjelaskan, meskipun semua partai di Kebumen memberikan dukungan kepada pasangan Arif-Rista, kata Baihaqi, tetapi di lapangan baik itu yang terlihat melalui alat peraga kampanye (APK), sosialisasi di sosial media, dan juga diskursus di masyarakat, maka yang paling terlihat adalah gerakan politik PDIP.

"Bukan berarti menafikan kerja-kerja politik partai lain pengusung pasangan Arif-Rista, tetapi memang publik secara umum melihat seolah hanya PDIP yang berjibaku memenangkannya. Kesan yang muncul, partai lainnya hanya terlihat gebyarnya saat deklarasi saja," ujarnya.

Sementara faktor bahwa Arif merupakan Bendahara Umum PCNU telah menjadi motivasi dan semangat tokoh sentral NU dan kader untuk menjaga marwah dan martabat kader NU yang dipercaya menjadi calon bupati di Pilkada Kebumen.

Baihaqi kemudian menguraikan analisa mengenai PDIP dan NU menjadi faktor dominan dalam kemenangan Arif-Rista di Pilkada Kebumen 2020. Pertama dari sisi tingkat pengenalan pasangan Arif-Rista di masyarakat Kebumen, yang hingga mendekati waktu pemungutan suara angkanya di kisaran 80%.

Angka itu termasuk di dalamnya ada variabel tingkat kesukaan dan keterpilihan, dan tinggak ketidaksukaan atau ketidakterpilihan. "Di sinilah faktor PDIP dan NU menjadi penentu yang dominan," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1628 seconds (0.1#10.140)