Arif-Rista Unggul di Pilkada Kebumen, Pengamat: PDIP dan NU Faktor Utama

Kamis, 10 Desember 2020 - 14:23 WIB
loading...
A A A
PDIP yang dikenal solid dan punya pemilih loyal dan militan bisa meminimalisir variabel ketidaksukaan sehingga mereka yang mengenal Arif-Rista juga memberikan pilihan kepadanya. "Demikian juga NU, yang cukup dengan mensosialisasikan bahwa Arif adalah kader NU maka menguatkan sentiman masyarakat di basis kultural NU yang merata di desa-desa," jelas Baihaqi.

Faktor PDIP dan NU yang terlihat dominan dalam kemenangan Arif-Rista, menurut Baihaqi, wajar saja karena memang kedua organisasi itulah yang punya kaki hingga tingkat ranting. Sehingga sosialisasi dan gerakan untuk bisa mempengaruhi pemilih benar-benar efektif. Di sinilah variabel NU menjadi penting dalam konteks Pilkada Kebumen yang merepresentasikan kepentingan politik berbasis keislaman.

Karena meskipun Arif-Rista didukung semua partai, termasuk di dalamnya ada partai-partai berbasis keislaman, tetapi secara politik yang paling terasosiasi adalah PDIP sehingga terkesan belum merepresentasikan kepentingan politik berbasis keislaman. "Nah, di sinilah NU hadir dan memberikan warna yang bisa merepresentasikan kepentingan politik mayoritas pemilih di Kebumen,” urainya.

Dia menambahkan, jika melihat hasil penghitungan suara di masing-masingi kecamatan, maka tingkat kemenangan pasangan Arif-Rista memang menjadi cermin yang menunjukkan basis NU dan kantong suara PDIP. Sehingga apabila NU dan PDIP tidak solid maka Kolom Kosong pasti menang di Kebumen.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0775 seconds (0.1#10.140)