Pemerintah Aceh Kembali Bantu Korban Banjir di Aceh Timur dan Aceh Utara

Kamis, 10 Desember 2020 - 10:59 WIB
loading...
Pemerintah Aceh Kembali Bantu Korban Banjir di Aceh Timur dan Aceh Utara
Pemerintah Aceh Kembali Bantu Korban Banjir di Aceh Timur dan Aceh Utara
A A A
ACEH TIMUR - Pemerintah Aceh kembali menyalurkan bantuan untuk masyarakat paskabanjir melanda Kabupaten Aceh Timur dan Aceh Utara. Bantuan diantarkan langsung Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Dyah Erti Idawati yang didampingi Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri, Rabu (9/12/2020).

Ada beberapa titik lokasi pengungsian yang dikunjungi Dyah. Didampingi tim PKK Aceh Timur, Kepala Dinas Sosial Aceh Timur dan Camat Perlak Barat, Dyah juga menyambangi beberapa titik lokasi banjir yang masih menggenangi rumah warga.

Kunjungan pertama dilakukan ke Dusun Ujong Barat, Gampong Beusa Seberang, Kecamatan Perlak Barat. Di situ Dyah mendapati air masih menggenangi rumah warga walau mulai surut dari sebelumnya, Dyah juga turut masuk memantau dapur warga setempat yang masih digenangi air.

Kemudian Dyah berkunjung ke Dusun Kuta Daya yang terletak masih di Gampong Beusa Seberang untuk meninjau tempat pengungsian. Terakhir Dyah berkunjung ke Gampong Lhok Dalam, Kecamatan Perlak, Kabupaten Aceh Timur. Dari tiap-tiap titik lokasi banjir yang dikunjungi, Dyah juga menyalurkan bantuan untuk masyarakat korban banjir.

Dyah mengatakan, banjir yang melanda hampir seluruh wilayah Aceh Timur telah memberikan dampak yang besar bagi seluruh masyarakat. Banjir di penghujung tahun 2020 ini, kata Dyah terjadi karena komplikasi dari berbagai permasalahan sehingga untuk mengatasinya perlu kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat agar banjir ini tidak terulang lagi.

Dirinya kata Dyah telah berkoordinasi dengan kepala BPBA. Diketahui bahwa banjir terjadi bukan sebatas karena jebolnya waduk dan faktor sungai yang dangkal.

"Adanya galian C ataupun banyaknya penebangan pohon. Jadi ini adalah komplikasi dari berbagai permasalahan sehingga perlu kerjasama semua pihak supaya bencana banjir ini tidak terjadi lagi," tutur Dyah.

Dirinya bersyukur genangan air berangsur-angsur surut. "Harapannya hujan deras tidak turun lagi agar masyarakat kembali bisa pulang ke rumah untuk beraktivitas seperti semula," ujar Dyah.

Pemerintah Aceh baik melalui Dinas Sosial Aceh dan BPBA akan terus memperbaiki berbagai kerusakan dan akan menyalurkan bantuan untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat korban banjir.

Dyah menyebutkan, dirinya sudah menyampaikan beberapa hal kepada Keuchik Gampong Beusa Seberang dan Gampong Lhok Dalam agar berkoordinasi untuk bergotong-royong sebagai upaya mencegah luapan air sungai naik ke pemukiman warga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1730 seconds (0.1#10.140)