Pengamanan PON XXI, Pemprov Aceh-BNPT Sinergi Cegah Radikalisme

Kamis, 12 September 2024 - 20:26 WIB
loading...
Pengamanan PON XXI,...
Deputi I BNPT, Mayjen TNI Roedy Widodo melakukan audiensi dengan Pj Gubernur Aceh, Safrizal ZA di Banda Aceh. Foto/Ist
A A A
BANDA ACEH - Pasca pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, BNPT meningkatkan upaya pengamanan guna menjamin kelancaran dan keamanan ajang olahraga terbesar di Indonesia tersebut.

Di antaranya melakukan sinergi dengan Pemprov Aceh. Hal itu terungkap saat tim yang dipimpin Deputi I BNPT, Mayjen TNI Roedy Widodo melakukan audiensi dengan Pj Gubernur Aceh, Safrizal ZA di Banda Aceh.



Audiensi ini diharapkan dapat memperkuat sinergi dalam menjaga keamanan dan mencegah potensi radikalisme di PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Roedy Widodo menyampaikan bahwa pihaknya memiliki tanggung jawab untuk menjalankan mandat Keputusan Presiden (Keppres) terkait pengamanan PON 2024 bekerja sama dengan Pangdam dan Kapolda Aceh serta Sumut.

“Kami hadir di Aceh untuk memastikan PON XXI berjalan aman dan lancar di bawah koordinasi Pangdam dan Kapolda, serta mengantisipasi beberapa isu yang berkembang di masyarakat menjelang pelaksanaan PON,” kata Roedy dikutip Kamis (12/9/2024).

Tiga komponen utama dalam upaya pencegahan terorisme yang dilaksanakan yaitu kesiapsiagaan nasional, kontra radikalisasi, dan deradikalisasi.



“Dalam konteks kesiapsiagaan nasional, kami menginisiasi pembentukan Duta Damai di setiap daerah, termasuk di Aceh. Mereka adalah agen-agen perubahan yang membantu kami menjaga stabilitas keamanan dan membangun kesadaran publik terkait ancaman radikalisme,” ujar Roedy.

Selain itu, BNPT juga menggulirkan program kontra radikalisasi dengan menginisiasi Sekolah Damai dan Kampus Kebangsaan yang berbasis nilai-nilai kebangsaan, baik di sekolah-sekolah umum maupun lembaga pendidikan agama.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)