Angin Kencang Tumbangkan Sejumlah Pohon, Enam Gardu Listrik PLN Rusak

Rabu, 09 Desember 2020 - 14:37 WIB
loading...
Angin Kencang Tumbangkan Sejumlah Pohon, Enam Gardu Listrik PLN Rusak
Hujan disertai angin kencang mengakibatkan sejumlah pohon tumbang pada Selasa (8/12/2020) malam. (Ist)
A A A
BANDUNG BARAT - Hujan disertai angin kencang mengakibatkan sejumlah pohon tumbang pada Selasa (8/12/2020) malam. Bahkan akibat kejadian tersebut membuat pasokan listrik di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kota Cimahi mengalami gangguan.

Manajer Bagian Jaringan PLN UP3 Cimahi , Pilih Kondang Paramarta mengatakan, sebanyak 6 gardu jaringan listrik di sejumlah tempat di KBB rusak dan padam. Hal itu berdampak pada pasokan listrik pelanggan ke beberapa wilayah yang terputus.

Wilayah yang terganggu meliputi sebagian Kecamatan Lembang, Cisarua, Cipeundeuy, Padalarang, Cililin, dan Cimahi Selatan. Tim lapangan PLN saat ini masih melakukan upaya perbaikan dan diproyeksikan dalam beberapa jam kedepan pasokan listrik kembali pulih. "Ada enam gardu yang masih padam akibat tiang patah tertimpa pohon roboh. Tim sedang berupaya melakukan perbaikan supaya segera tertangani," ucapnya, Rabu (9/12/2020).

Dia menjelaskan, akibat cuaca ekstrem dan pohon tumbang ini jaringan listrik PLN UP3 Cimahi rusak. Paling parah kerusakan terjadi di Kecamatan Cipeundeuy, karena pohon tumbang mematahkan tiang listrik dan berdampak pada terganggunya aliran listrik ke wilayah sekitar. (Baca: Ridwan Kamil Nilai Penerapan Prokes di TPS Umumnya Sudah Baik).

Wilayah yang aliran listriknya padam meliputi Kampung Cinusa, Malingping, Sukabetah, Pinangsiang, Ciharashas, Gunung Leutik, Sikamanak, Tegal Mandor, Puteran, Ciporong, Sukamaju, Cisauheun, Sukahaji, Cirata, Cibungur, Nyenang, dan Kampung Cibuang.

"Kami sedang berupaya memulihkan pasokan kelistrikan. Prosesnya cukup memakan waktu karena akses ke lokasi masih tertutup, akibat banyak pohon pinus yang tumbang," pungkasnya. adi haryanto
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)