Ridwan Kamil Nilai Penerapan Prokes di TPS Umumnya Sudah Baik

Rabu, 09 Desember 2020 - 13:53 WIB
loading...
Ridwan Kamil Nilai Penerapan Prokes di TPS Umumnya Sudah Baik
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat meninjau pelaksanaan pemungutan suara Pilbup Bandung di TPS 5 di Desa Sekarwangi, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (9/12/2020). Foto/Humas Pemprov Jabar
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menilai, penerapan protokol kesehatan (prokes) di ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di Provinsi Jabar umumnya sudah baik.

Hal itu dikatakan dia saat meninjau pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Bupati (Pilbup) Bandung dalam ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di Provinsi Jabar, Rabu (9/12/2020).

Dirinya meninjau langsung dua lokasi berbeda di wilayah Kabupaten Bandung. Lokasi pertama, yakni tempat pemungutan suara (TPS) 5 di Desa Sekarwangi, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung.

Sedangkan lokasi kedua, yakni TPS 8 yang berlokasi di Desa Mekarsari, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung.

"Secara umum, prosedur sudah baik yah. Orang datang cuci tangan dulu, kemudian dites suhu, pake sarung tangan plastik. Kemudian, para petugas saya lihat juga ditambahi face shield untuk menguatkan prosedur kesehatan," tutur Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu.

Selain menerapkan prokes ketat di TPS, Kang Emil juga memastikan bahwa seluruh petugas yang terlibat dalam pemungutan hingga penghitungan suara nanti sudah menjalani tes dengan hasil negatif COVID-19.

"Kita kan ada 15 protokol kesehatan selama pemilu ini, dimulai dari pembatasan jumlah, jaga jarak hingga durasi waktu dipercepat. TPS juga didisinfeksi. Kemudian, semua petugas dites menggunakan rapid antigen, yang terbaru, yang rekatif reaktif langsung diganti," paparnya.

Adapun alasan peninjauan di Kabupaten Bandung, menurut Kang Emil, hal itu tidak terlepas dari sisi indeks kerawanan pilkada di Kabupaten Bandung yang relatif tinggi yang harus diwaspadai. "Selain itu, Kabupaten Bandung juga pemilihnya terbanyak," imbuhnya.

Melihat ketatnya penerapan proses dan antusiasme masyarakat hadir di TPS untuk menyalurkan hak suaranya, Kang Emil berharap, tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada Serentak 2020 yang ditargetkan 77,5 persen dapat tercapai.

(Baca juga: Kendarai Motor Lawas, Wagub Jabar Monitoring Pencoblosan di Tasikmalaya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1607 seconds (0.1#10.140)