Jamin Keamanan, Kapolda Sulut Ajak Warga Gunakan Hak Pilihnya

Selasa, 08 Desember 2020 - 18:45 WIB
loading...
Jamin Keamanan, Kapolda Sulut Ajak Warga Gunakan Hak Pilihnya
Kapolda Sulut, Irjen Pol RZ Panca Putra saat menerima kunjungan kerja dua Senator DPD RI di Mapolda Sulut, Selasa (8/12/2020). Foto: Okezone/Subhan Sabu
A A A
MANADO - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol RZ Panca Putra mengajak seluruh warga Sulut yang memiliki hak pilih dalam Pilkada meyalurkannya pada hari pencoblosan, Rabu (9/12/2020).

“Pilkada ini adalah tanggung jawab kita bersama. Saya mengajak kepada seluruh masyarakat tidak usah takut, salurkan hak suara Anda untuk menentukan pemimpin di Sulut lima tahun ke depan. Saya menjamin itu dan mari tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan baik,” kata Kapolda, saat menerima kunjungan kerja dua Senator DPD RI di Mapolda Sulut, Selasa (8/12/2020). (Baca Juga: Hadirkan Rumah Sakit Kelas Dunia, Kandouw: Mimpi Kita Wujudkan Sulut Penang Indonesia)

Dalam pengamanan Pilkada Serentak 2020 ini kata Kapolda, Polda Sulut dan jajaran melaksanakan pengamanan melalui Operasi Mantap Praja Sam Ratulangi 2020. “Kekuatan yang kita kerahkan sesuai dengan tahapan pelaksanaan Pilkada. Khususnya nanti untuk tanggal 9 Desember dalam Tahap Pemungutan Suara, kita menurunkan 2/3 kekuatan yang ada di Polda Sulut dan jajaran, dengan total kurang lebih 5.300 personel yang nanti akan mengamankan TPS di seluruh wilayah Sulut,” ujar Irjen Pol RZ Panca Putra.

Selain itu juga, dalam pengamanan Polda Sulut dibantu oleh 3.300 personel dari TNI yaitu Kodam XIII/Merdeka dan Korem 131/Santiago serta 11.000 personel Linmas yang akan melaksanakan pengamanan di lokasi TPS. (Baca Juga: Aipda Edi Anggota Bhabinkamtibmas Terkapar Diserang Pisau saat Buka Logistik Pilkada)

“Semua kita amankan sesuai dengan standar operasional pengamanan yang sudah kita tetapkan, baik untuk menjamin protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh seluruh masyarakat maupun untuk bagaimana menyukseskan pemungutan suara,” ujarnya.

Khusus untuk pencegahan COVID-19 , Polda Sulut dan jajaran mengimbau dan mengajak agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.“Terlebih khususnya untuk besok di TPS saat perhitungan suara, masyarakat tidak perlu menonton beramai-ramai, karena itu akan menimbulkan kerumunan massa,” ucap mantan Direktur Penyidikan KPK ini. (Baca Juga: Miris, Gadis-gadis Seksi yang Masih Belia Dijual Jadi Pemuas Napsu Lelaki Hidung Belang)

Begitu juga halnya jika ada kelompok atau Paslon yang membuat perhitungan cepat dan menyatakan menang, Kapolda mengajak dan mengimbau agar itu hanya menjadi konsumsi pribadi.Kalau itu terjadi (ada pengumpulan massa) akibat efurioa, pihaknya tidak akan sungkan-sungkan dan akan tegas melakukan pembubaran massa, apalagi dilakukan dengan arak-arakan.

“Saya berharap masyarakat tidak perlu menunjukan euforia yang berlebihan, kita hormati mekanisme dan prosedur KPU. Saya minta mari kita taati dan kita jaga protokol covid-19 dalam pelaksanaan Pilkada,” tegasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1457 seconds (0.1#10.140)