Namanya Dicatut Dalam Telur Politik, Sri Sultan HB X Tegas Tak Dukung Paslon di Pilkada

Selasa, 08 Desember 2020 - 00:50 WIB
loading...
Namanya Dicatut Dalam Telur Politik, Sri Sultan HB X Tegas Tak Dukung Paslon di Pilkada
Nama Sri Sultan Hamengku Buwono X dicatut dalam Telur Politik. Foto/Ist.
A A A
YOGYAKARTA - Upaya menggunakan kerabat Keraton, termasuk Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X di Pilkada Gunungkidul, langsung direspons. Sri Sultan HB X menyatakan, dirinya tidak mendukung salah satu Paslon di Pilkada Baik Gunungkidul, Sleman, maupun Bantul.

(Baca juga: Duduk Seksi Saat Ikuti Sidang, Via Vallen Kena Semprot Majelis Hakim )

Pernyataan ini disampaikan langsung Gubernur DIY ketika nama Raja Keraton Yogyakarta Dicatut oleh pasangan Cabup dan Cawabup di Gunungkidul. Bahkan video ratuna plastik telur dan wajan bergambar salah satu pasangan calon juga mencatut nama Sultan sebagai pemberi bantuan.



"Wah aku ora ngerti (wah saya tidak tahu), ya saya nggak dukung mendukung, tergantung masyarakat saja. Ning ndi-ndi ya ra mung aku tapi jeneng anak-anaku ya dicatut (di mana-mana tidak hanya saya, tapi nama anak-anak saya juga dicatut)," terang Sri Sultan HB X di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Senin (7/12/2020).

Dia berharap Pilkada di tiga kabupaten bisa berjalan lancar dan tidak ada politik uang. Untuk itu peran baik KPU dan Bawaslu yang memang bertugas melakukan pengawasan harus optimal untuk menyukseskan Pilkada kali ini. "Jangan sampai ada politik uang di Pilkada," katanya.

(Baca juga: 10 Tahun Mengabdikan Diri untuk Kota Surabaya, Risma Bangun 128 Jembatan Baru )

Sultan melanjutkan di Pilkada 9 Desember mendatang, masyarakat diharapkan menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani. Meskipun masih pandemi COVID-19 namun warga bisa meluangkan waktu menggunakan hak pilihnya. "Saya berharap masyarakat mau meluangkan waktu, berpartisipasi untuk menggunakan hak pilih, karena ini penting untuk masa depan masing-masing kabupaten," pungkasnya.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1639 seconds (10.177#12.26)