Satgas COVID-19 Jabar Kembali Gencarkan Swab Test di Kawasan Industri

Jum'at, 04 Desember 2020 - 10:15 WIB
loading...
Satgas COVID-19 Jabar Kembali Gencarkan Swab Test di Kawasan Industri
Sejumlah karyawan pabrik mengikuti swab test masif di Kawasan Industri MM2100, Kabupaten Bekasi, Kamis (3/12/2020). Foto/Humas Pemprov Jabar
A A A
BANDUNG - Pemprov Jawa Barat melalui Divisi Penanganan Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Satgas Penanganan COVID-19 tingkat kabupaten/kota kembali menggencarkan pelaksanaan swab test di kawasan industri.

Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Jabar, Daud Achmad mengatakan, swab test di kawasan industri merupakan kolaborasi sejumlah pihak.

Pihak BNPB menyediakan perlengkapan swab test, sedangkan tenaga medis berasal dari Satgas Penanganan COVID-19 Jabar dan kabupaten/kota.

"Ini logistiknya, alat tesnya kita dapat dari BNPB melalui pengadaan 12.000 alat tes. Tenaga kesehatannya ini dari Satgas kabupaten bekerja sama dengan Satgas provinsi,” kata Daud dalam keterangan resminya, Jumat (4/12/2020).

Bersama Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi dan Forum Komunikasi Koordinasi Sumber Daya Manusia (FKKSM) MM2100, kata Daud, pelaksanan swab test massal tersebut telah dimulai di Kawasan Industri MM2100, Kabupaten Bekasi, Kamis (3/12/2020) kemarin.

Menurut Daud, TNI/Polri pun turut terlibat dalam pengetesan tersebut. Mereka bertugas mengamankan jalannya pengetesan.

Selain untuk memutus mata rantai penularan dan mencegah munculnya klaster industri, pengetesan bertujuan memastikan pekerja dalam keadaan sehat.

"Setelah Kawasan Industri MM2100, Satgas Penanganan COVID-19 Jabar akan menggelar tes di kawasan industri lainnya," ujarnya.

"Nanti kita akan ke kawasan industri di Subang, minggu depan ada di Jababeka, mungkin kita ke kawasan-kawasan lain. Sementara ini kita (fokus) di industri, nanti juga akan ke segmen yang lain," katanya.

Wakil Ketua Divisi Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan COVID-19 Jabar Letkol Asep Sugiharto mengatakan, swab test kali ini digelar untuk menindaklanjuti adanya beberapa kerumunan yang melibatkan karyawan pabrik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1478 seconds (0.1#10.140)