Gubernur Nova Lepas Ekspor Kopi Gayo ke Pasar Global

Kamis, 03 Desember 2020 - 21:42 WIB
loading...
A A A
"Pemerintah Aceh mendukung secara total agar peningkatan ekspor ini terus terjadi. Dan benar komoditas ekspor perlu kita perbanyak keberadaannya. Selain kopi, kita punya komoditas lainnya seperti ikan tuna, CPO, atsiri dan lainnya,"ujar Nova.

"Kopi Gayo memang berada di level yang sangat tinggi. Kopi ini adalah kopi yang bergengsi dan premium. Ketika meminum kita berada di kelas yang atas,"ujar Gubernur.

Nova berharap, generasi muda Aceh dapat menjadi generasi yang memiliki jiwa kewirausahaan. Ia mengatakan, anak muda harus menjadi generasi membangun dan memberi perubahan, utamanya dalam membangun ekonomi Aceh.

Nova mengatakan, Pemerintah Aceh memiliki komitmen tinggi untuk mendukung keberadaan dunia usaha. Oleh sebab itu, ia meminta kepada pelaku usaha untuk menyampaikan segala kendala yang dialami kepada pihak pemerintah. Pemerintah, kata dia, merupakan regulator yang harus memberikan pelayanan terbaik bagi semua pihak.

Staf Ahli Bidang Hubungan Internasional Kementerian Perdagangan dan Perindustrian RI, Arlinda Imbang Jaya, mengatakan, Aceh menjadi salah satu daerah yang berkontribusi terhadap nilai ekspor nasional. Saat ini Aceh berada di peringkat ke 29 daerah yang melakukan aktivitas ekspor. Ia berharap, dunia usaha di Aceh dapat terus meningkatkan ekspornya.

"Kami menyadari dan memahami banyak potensi yang dimiliki Aceh, tidak hanya kopi, ada batubara, minyak atsiri, sawit, kacang-kacangan, dan juga potensi perikanan yang besar," kata Arlinda.

Arlinda berharap, para pengusaha di Aceh dapat memperluas jangkauan ekspor berbagai komoditas Aceh ke manca negara. Ia mendorong agar berbagai komoditas Aceh dapat juga merambah ke pasar Timur Tengah, Asia Selatan, Amerika Latin dan Afrika.

Ia mengatakan, pelepasan ekspor produk Indonesia yang bernilai tambah dan sustainable ke pasar global itu dilakukan di 16 provinsi di Indonesia. Aceh dipilih menjadi salah satu.

Arlinda berharap, pelepasan ekspor kopi Gayo itu dapat menjadi pemantik untuk memacu kembali aktivitas ekspor di masa pandemi. Ia berharap ke depan produk dan komoditas unggulan Aceh bisa terus berkembang.

"Kami siap membantu para pelaku usaha di Aceh untuk mendatangkan pembeli yang lebih luas, di luar Amerika dan Eropa, " ujar dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1248 seconds (0.1#10.140)