Dikunjungi DPR RI, Karawang Siap Gelar Pilkada Meski Masuk Zona Merah

Kamis, 03 Desember 2020 - 15:48 WIB
loading...
Dikunjungi DPR RI, Karawang Siap Gelar Pilkada Meski Masuk Zona Merah
Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa bersama Ketua KPU Karawang Miftah Farid. Foto/SINDOnews/Nilakusuma
A A A
KARAWANG - Anggota Komisi II DPR RI berkunjung ke Kabupten Karawang untuk melihat langsung persiapan penyelenggaraan Pilkada yang akan diselenggarakan 9 Desember nanti.

Karawang menjadi salah satu daerah yang dikunjungi karena merupakan daerah zona merah. Kasus COVID-19 di Karawang terhitung tinggi dalam satu bulan belakangan ini sehingga mengundang perhatian anggota DPR RI.

"Kedatangan kami ke Karawang ingin memastikan kesiapan dan persiapan penyelenggaraan Pilkada, terutama dalam penerapan protokol kesehatan. Apalagi Kabupaten Karawang hari ini masuk dalam kategori zona merah, kita ingin pastikan Pilkada di Karawang aman dari Covid-19," kata Wakil Ketua Komisi II Saan Mustopa, Kamis (3/12/20).

Menurut Saan, berdasarkan keterangan Pj Bupati Karawang, KPU, Bawaslu dan Kapolres Karawang atas pertanyaan Komisi II, bisa disimpulkan Kabupaten Karawang siap menyelenggarakan Pilkada.

Penerapan protokol kesehatan mulai tahapan Pilkada hingga hingga hari pencoblosan sudah sesuai dengan prosedur.

"Kesimpulan kami hampir 100% Karawang sudah siap menyelenggarakan Pilkada yang aman bagi masyarakat," kata Saan.

Saan mengatakan, selain membahas terkait protokol kesehatan Komisi II juga memastikan kesiapan teknis penyelenggaraan Pilkada di Karawang.

(Baca juga: Pasien COVID-19 Overload, RSHS Minta Pemprov Tambah Kapasitas Gedung BPSDM)

Hal ini terkait dengan jaminan dari penyelengara agar hak pilih masyarakat dapat tersalurkan semuanya. Kemudian langkah penyelenggara terkait tingkat partisipasi masyarakat yang mencapai 77,5%.

"Kami ingin memastikan hak pilih masyarakat seluruhnya bisa tersalur termasuk tingkat partisipasi. Semuanya berjalan sesuai tahapan yang ada, mudah-mudahan lancar semuanya," katanya.

Menurut Saan dari hasil kunjungannya ini kekhawatiran tentang akan terjadi klaster Pilkada sedikit menurun karena KPU bersama pemerintah daerah menjalankan protokol kesehatan sesuai harapan.

(Baca juga: Kakak Adik Pemerkosa 2 Siswi SMP hingga Hamil Dibekuk Polisi)

Kendati begitu Saan mengimbau masyarakat Karawang tetap menjaga kewaspadaan dengan terus menjalankan protokol kesehatan saat pencoblosan di TPS. "Ikuti saja ketentuan yang ada selama di TPS agar semua aman," katanya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6098 seconds (0.1#10.140)