Hadapi Pandemi COVID-19, RS Panti Nirmala Gandeng National Hospital Layani Pemeriksaan RT-PCR

Selasa, 01 Desember 2020 - 12:15 WIB
loading...
Hadapi Pandemi COVID-19, RS Panti Nirmala Gandeng National Hospital Layani Pemeriksaan RT-PCR
Rumah Sakit Panti Nirmala Malang, meluncurkan layanan pemeriksaan RT-PCR untuk masyarakat. Foto/SINDOnews/Yuswantoro
A A A
MALANG - Menghadapi pandemi COVID-19 yang hingga kini belum jelas kapan akan berakhir, dan menjawab kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan layanan pemeriksaan RT-PCR . Rumah Sakit Panti Nirmala, bekerjasama dengan National Hospital, membuka layanan pemeriksaan RT-PCR .

(Baca juga: Ibu Dua Anak Anggota Kowal Ini Gabung Pasukan Garuda ke Lebanon )

Direktur Utama RS Panti Nirmala, Cecilia Widijati Imam menyebutkan, pemeriksaan RT-PCR saat ini menjadi standar paling utama dalam mendeteksi penyebaran COVID-19 . "Pemeriksaan RT-PCR sangat dibutuhkan untuk memastikan diagnosis pasien, sehingga menjamin keamanan pelayanan di Rumah Sakit Panti Nirmala," ungkapnya.

Ketersediaan alat RT-PCR di Rumah Sakit Panti Nirmala tersebut, menurutnya sangat mendukung pelayanan kesehatan yang dijalankan, dan memberikan rasa aman baik bagi pasien maupun petugas layanan kesehatan.

"Adanya alat RT-PCR ini, kendala penundaan layanan kesehatan dapat dipangkas seminimal mungkin, sehingga pelayanan yang sifatnya elektif bagi pasien pun dapat diberikan sesuai jadwal yang telah ditentukan dokter," ungkapnya.

(Baca juga: Dimulai Dari Surabaya, Road Trip Protocol CHSE Big Max Indonesia Diikuti Puluhan Riders )

Dalam memberikan layanan ini, dia mengaku bekerjasama dengan National Hospital yang sudah mengembangkan pemeriksaan RT-PCR . Rencananya layanan ini juga dikembangkan dengan model drive thru atau lantatur, sehingga layanan bisa dilakukan dengan cepat.



Sementara menurut Kepala Instalasi Laboratorium Rumah Sakit Panti Nirmala, Eko Wulandari, layanan pemeriksaan RT-PCR di Rumah Sakit Panti Nirmala dilaksanakan setiap hari selama 24 jam. "Hari libur dan hari minggu kita juga berikan layanan," ujarnya.

Bahkan, layanan pemeriksaan RT-PCR dari rumah sakit ini juga bisa dilaksanakan di rumah pasien, sesuai dengan permintaan. Hasil pemeriksaan dapat diketahui antara 12-24 jam usai pemeriksaan. Hasilnya akan dikirimkan secara online.

(Baca juga: Terjadi Luncuran Lava Pijar Dari Puncak Semeru, Ratusan Warga di Zona Merah Diungsikan )

Dalam sehari, menurut Direktur Pelayanan Rumah Sakit Panti Nirmala, Ika Santi Rosalia, pihaknya bisa melayani pemeriksaan RT-PCR hingga sebanyak 94 orang. "Selama 1-3 Desember 2020 ini, biaya pemeriksaannya Rp750 ribu, dan selanjutnya biayanya normal sebesar Rp900 ribu," ujarnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6993 seconds (0.1#10.140)