Ribuan Surat Suara Pilgub Jambi Ditemukan Rusak dan Kurang

Minggu, 29 November 2020 - 22:14 WIB
loading...
Ribuan Surat Suara Pilgub Jambi Ditemukan Rusak dan Kurang
Petugas KPU Batanghari saat melakukan sortir suara untuk Pilgub Jambi, ditemukan ribuan surat suara dan jumlahnya masih kurang dari yang dibutuhkan. Foto: SINDOnews/Joni Firdaus
A A A
BATANGHARI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batanghari , Provinsi Jambi menemukan ribuan surat suara untuk Pemilihan Gubernur ( Pilgub) Jambi yang rusak. Bukan hanya itu, juga masih terdapat kekurangan surat suara yang mencapai seribuan lebih.

Surat suara rusak dan kurang itu ditemukan setelah KPU melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara. Hal itu disampaikan dalam pleno rekapitulasi terhadap sortir surat suara Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jambi. terdapat 5.934 lembar surat suara rusak. Kerusakan yang ditemukan diantaranya ada bercak tinta. (Baca Juga: 220 KPPS di Batanghari Jambi Reaktif COVID-19)

“Selain rusak juga di dapati lebih pengiriman. Surat suara yang datang ke kita sebanyak 201.416 lembar, dengan rincian dalam keadaan baik sebanyak 195.482 lembar, keadaan rusak 5.934, jika ditotal lebih pengiriman sebanyak 1.286 lembar dari total kebutuhan sebanyak 200.130 lembar,” kata Ketua KPU Batanghari Jambi, A Kadir, Minggu (29/11/2020). (Baca Juga: KPU Sleman Temukan 1.503 Surat Suara Pilkada Rusak)

Terkait dengan temuan yang didapati KPU dalam penyortiran, Kadir menyebutkan, pihaknya telah mengirimkan laporan jumlah surat rusak dan kurang ini ke pihak penyedia jasa cetak untuk dapat dilakukan proses cetak ulang. (Baca Juga: AHY Minta Jenderal Polisi Ini untuk Turun Tangan di Jambi)

“Ini kita cepat laporan, guna memenuhi kebutuhan surat suara pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jambi yang nantinya akan didistribusikan ke 664 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di delapan kecamatan,” pungkasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1861 seconds (0.1#10.140)