KPU Sumbar Siapkan Dana Rp1 M Distribusi Logistik ke Mentawai

loading...
KPU Sumbar Siapkan Dana Rp1 M Distribusi Logistik ke Mentawai
Para petugas KPU Sumbar saat akan mendistribusikan logistik pilkada yakni surat suara, Jumat (27/11/2020). Foto: Okezone/Rus Akbar
PADANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan dana Rp1 Miliar untuk pendistribusian logistik pilkada khusus Kabupaten Kepulauan Mentawai, lantaran medannya yang sangat berat.

“Dari 19 kabupaten kota di Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan lokasi yang berat menyalurkan logistik, dari kabupaten ke kecamatan itu sewah kapal antar pulau, kemudian dari kecamatan ke TPS itu sewa boat karena akan melewati sungai dan perbukitan, itu tidak semua daerah terhubung dengan jalan arus lewat sungai,” beber Kabag Umum KPU Sumbar, Arlis, Jumat (27/11/2020).

Untuk menyalurkan logistik itu akan menggunakan pihak ketiga dan saat ini sedang proses pelelangan. “Jadi kita siapkan anggaran senilai Rp1 miliar untuk Mentawai saja, belum masuk daerah lain,” ungkapnya.

Hari ini, Jumat (27/11/2020) ada dua kabupaten/kota yang disalurkan surat suara, pertama Kabupaten Kepulauan Mentawai dan selanjutnya untuk kabupaten dan Kota Padang. (Baca Juga: Mulyadi-Ali Mukhni Pastikan Pemerintahnya Menjadi Garda Terdepan dalam Menekan Dampak Pandemi)



Sementara, Ketua KPU Mentawai, Eki Butman menyebutkan, untuk logistik surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumbar, 9 Desember, sudah tiba sebanyak 60.734 lembar dengan kapal Mentawai Fast termasuk kotak suara, tinta, kabel ties, APD.

“Yang belum datang itu masker sama thermogun dan formulir, selebihnya sudah datang. Untuk kita hanya mengikuti Pilgub saja, sementara untuk bupati dan wakil bupati masih belum habis periodenya,” ujar dia. (Baca Juga: Gaji belum dibayar, PPK & PPS sandera kotak suara)

Untuk penyaluran logistik ini dilakukan pihak ketika, kata Eki kabarnya tanggal 3 Desember nanti akan melakukan penandatanganan kontrak dengan kuasa pengguna anggaran dan pihak ketiga. “Jadi siap tanggal 3 itu disalurkan ke TPS-TPS,” terangnya.



Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pilgub Sumbar, terdapat 265 TPS tersebar di 43 desa, 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Sementara Daftar Pemilih Tetap (DPT) 59.125 jiwa untuk Pilgub Sumbar.
(nic)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top