Pimpin Gelar Pasukan Pengamanan Pilkada, Ridwan Kamil Ingatkan Netralitas TNI/Polri dan ASN

Selasa, 24 November 2020 - 13:13 WIB
loading...
Pimpin Gelar Pasukan Pengamanan Pilkada, Ridwan Kamil Ingatkan Netralitas TNI/Polri dan ASN
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat memeriksa pasukan dalam Apel Gelar Pasukan TNI-Polri dalam rangka Kesiapan Pilkada Serentak 2020 di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Selasa (24/11/2020). Foto/Humas Jabar
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memimpin Apel Gelar Pasukan TNI-Polri dalam rangka Kesiapan Pengamanan Pilkada Serentak 2020 di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Selasa (24/11/2020).

Dalam amanatnya, Ridwan Kamil berharap, TNI-Polri mampu menjaga kondusivitas Jabar selama pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di delapan kabupaten/kota di Jabar, yakni Kabupaten Bandung, Cianjur, Sukabumi, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya, Pangandaran dan Kota Depok.

"Selama 10 tahun, gelaran Pilkada di Jabar selalu kondusif tidak ada pelanggaran ataupun kericuhan," kata Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Menurut Kang Emil, kondusivitas Jabar selama pilkada berlangsung tidak lepas dari semangat silih asah, silih asih, dan silih asuh, yang dipegang teguh masyarakat Jabar selama ini.

"Kata silih itu artinya saling memberikan kebaikan, apabila kita ramah dan baik, Insya Allah masyarakat juga ramah dan baik karena pada dasarnya masyarakat Jabar itu someah hade ka someah," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kang Emil pun meminta TNI/Polri intens mengawasi dan mengedukasi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun, terutama saat pencoblosan berlangsung.

"Kita harus jadi contoh, saya titip semua di sini harus menjadi teladan. Kepemimpinan yang baik adalah dengan keteladannya sebagai individu yang tidak boleh salah, penjagaan protokol kesehatan dilakukan dimulai dari diri sendiri," katanya.

"Jaga netralitas di tujuh wilayah Polda Jabar dan satu wilayah Polda Metro Jaya. Jangan sampai ada yang bermain politik praktis," tegas Kang Emil. (Baca juga: Mayjen TNI Budi Wiryanto: Kami Bantu Polri-Satpol PP Bandung Tertibkan Baliho Habib Rizieq)

TNI/Polri, kata Kang Emil, dapat mengajak tokoh masyarakat untuk sama-sama mengedukasi masyarakat, agar kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan meningkat.

"Mari bangun kepercayaan publik, diperlakukan dengan cara kita hadir di tengah masyarakat, melakukan ketegasan humanis," ucapnya. (Baca juga: Antisipasi Kekosongan Jabatan, Disdik Jabar Jaring Ribuan Bakal Calon Kepala Sekolah)

Selain itu, Kang Emil juga berpesan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar untuk menyiapkan skenario terbaik, agar kerumunan dapat dihindari saat pencoblosan berlangsung.

"Saya titip kepada para panitia (KPU) untuk memastikan kita (provinsi Jabar) harus juara dalam penyelenggaraan protokol kesehatan 3M saat Pilkada Serentak 2020 berlangsung," katanya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1706 seconds (0.1#10.140)