Tiap Tahun Ratusan ASN Pensiun, Pemkab Blitar Usulkan 1.400 Formasi

Rabu, 18 November 2020 - 21:13 WIB
loading...
Tiap Tahun Ratusan ASN Pensiun, Pemkab Blitar Usulkan 1.400 Formasi
Setiap tahun ada ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Blitar, yang pensiun. Foto/Ilustrasi
A A A
BLITAR - Sebanyak 500-700 Aparatur Sipil Negara ( ASN ) di Kabupaten Blitar , pensiun setiap tahun. Untuk mencukupi kekurangan pegawai, Pemkab Blitar telah mengajukan 1.400 formasi untuk penerimaan tahun 2020, dan tahun 2021. (Baca juga: Senin Depan Polda Jabar Periksa Habib Bahar bin Smith Sebagai Tersangka Penganiayaan )

Menurut Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Pemkab Blitar , Mashudi, selain CPNS , usulan tersebut juga untuk memenuhi lowongan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Keberadaan PPPK diambilkan dari para tenaga honorer yang memenuhi syarat tertentu. "Usulan formasi yang disampaikan 1.400," ujar Mashudi kepada wartawan. Sebelum membuat formasi kebutuhan, BKPSDM Kabupaten Blitar lebih dulu mendapat pemberitahuan sekaligus diminta mengajukan usulan.



"Namun kapan rekrutmen dilakukan belum ada informasi lanjutan dari pemerintah pusat," terang Mashudi. Dalam kesempatan itu juga dijelaskan, bahwa usulan formasi yang diajukan sesuai dengan kebutuhan. Setiap tahun Pemkab Blitar terjadi pengurangan pegawai karena pensiun. (Baca juga: Reuni 212 Ditunda dengan Alasan Ada Pilkada, MUI Jabar: Jangan Cari-cari Alasan )

Sementara rekrutmen CPNS tidak menentu. "Usulan yang kita ajukan sesuai dengan kebutuhan," terang Mashudi. Terakhir, rekrutmen CPNS dibuka pada tahun 2019, namun karena pandemi COVID-19, pelaksanaannya baru selesai pada tahun 2020.

Dalam rekrutmen tersebut (2019) ada sebanyak 528 peserta yang dinyatakan lulus dan diwajibkan melakukan pemberkasan. Semua sudah melakukan pemberkasan dan tinggal menunggu NIP CPNS dari BKN, kecuali satu orang karena terpapar COVID-19. Yang bersangkutan mendapat toleransi waktu melengkapi berkas hingga 21 November. (Baca juga: 2 Kali Rangkaian Kereta Penumpang KA Gajayana Meluncur Sendiri, Ada Aroma Mistis? )
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2834 seconds (0.1#10.140)