Mulai Diujicoba Hari Ini, Malioboro Bebas Kendaraan 3 Jam

Jum'at, 13 November 2020 - 17:37 WIB
loading...
Mulai Diujicoba Hari Ini, Malioboro Bebas Kendaraan 3 Jam
Jalan Malioboro mulai hari ini, Jumat (13/11/2020) diberlakukan bebas kendaraan akan dimulai pukul 18.00 WIB sampai 21.00 WIB. Foto/SINDOnews/Suharjono
A A A
YOGYAKARTA - Pemda DIY mengubah ujicoba kawasan Jalan Malioboro bebas kendaraan bermotor. Setelah mendapatkan keluhan pedagang, mulai hari ini bebas kendaraan akan dimulai pukul 18.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Sekretaris Daerah Pemda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengungkapkan, mulai hari ini memang ada perubahan bebas kendaraan bermotor untuk masuk kawasan Malioboro. Untuk sementara ujicoba bakal diberlakukan hingga 15 November 2020 mendatang. "Uji coba mulai pukul 18.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB dan ini terus kita evaluasi," terangnya di Yogyakarta, Jumat (13/11/2020). (Baca juga: Malioboro Jadi Kawasan Tanpa Rokok, Perokok Disediakan 4 Tempat Khusus)

Dia menjelaskan, selama ujicoba berlangsung akan dilihat dan dipantau kondisi Malioboro ketika bebas kendaraan. Kondisi tersebut akan menjadi tolok ukur pemberlakuan jam bebas kendaraan di Malioboro ke depannya. "Ini untuk melihat daya jual pedagang kaki lima. Apakah terdampak atau tidak dengan jadwal baru tersebut," katanya. (Baca juga: Tilep Uang Arisan Berkedok Investasi, Mahasiswi di Yogya Dilaporkan ke Polisi)

Diharapkan dengan hal ini semua akan merasakan suasana bebas kendaraan bermotor. Para penjual akan mengetahui perbedaan. "Bisa jadi justru menjadikan penjualan naik karena orang nyaman berada di Malioboro," katanya.

Baskara Aji melanjutkan, hal ini akan diikuti perbandingan di pagi hari misalnya kendaraan bisa lewat, kemudian siang hari tidak bisa lewat. "Semua akan diterapkan Untuk ujicoba," tandas mantan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY ini.

Diakuinya, selama uji coba sejak 3 November lalu banyak keluhan yang masuk ke Pemda DIY. Hal ini menjadi masukan bagi Pemda DIY karena para pedagang sulit melakukan loading atau bongkar muat barang.

"Memang kalau kita tutup terus bagaimana dengan loading barang. Kemudian warga yang tinggal di toko bagaimana parkirnya. Ini kita jadikan pembahasan. Maka kita lihat bagaimana dengan perubahan ini sampai tanggal 15 mendatang," tandasnya.

Diketahui upaya ujicoba pedestrian Malioboro ini mulai diberlakukan dalam waktu yang hampir dua pekan. Sejak 3 November 2020 lalu kendaraan tidak bisa masuk mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB. Namun demikian banyak sekali keluhan akibat kebijakan tersebut sehingga mulai hari ini dilakukan perubahan jam uji coba.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)