Lagi, Satu Pasien COVID-19 di Kabupaten Bone Meninggal

loading...
Lagi, Satu Pasien COVID-19 di Kabupaten Bone Meninggal
Proses pemakaman pasien COVID-19. Di Kabupaten Bone satu lagi pasien positif meninggal, totalnya kini menjadi 4 orang di Bone. Foto: Dok/SINDONews
BONE - Satu lagi pasien positif COVID-19 di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan meninggal dunia, Kamis (12/11/2020), korban dimakamkan di tempat pemakaman umum, di Jalan M-T Haryono Kelurahan Macanang, Kecamatan Tanete Riattang Barat sesuai protokol kesehatan. Sehingga keluarga hanya bisa melihat proses pemakaman dari jarak jauh.

Hingga kini, kasus pasien positif COVID-19 yang meninggal di Kabupaten Bone sudah mencapai empat orang. Korban yang berinisial M-A itu merupakan warga Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone. (Baca Juga: Sempat Diambil Paksa, Jenazah Covid-19 di Pinrang Akhirnya Dikebumikan)

Awalnya, dia masuk ke Rumah Sakit Umum (RSU) Tenriawaru Bone, Senin (9/11/2020) dengan keluhan gangguan pernafasan dan hipertensi. Namun keesokan harinya, M-A mulai terlihat mengalami keluhan penyakit yang mirip dengan COVID-19, sehingga dokter yang menangani pasien ini meminta untuk melakukan swab tes.

Rabu (11/11/2020) pasien baru di swab dan sampelnya langsung dikirim ke Kabupaten Soppeng. Namun, sebelum hasil swab test keluar, Kamis (12/11/2020) pagi M-A meninggal dunia, sehingga dokter meminta tim di Kabupaten Soppeng mempercepat proses pemeriksaan sampel dan ternyata hasilnya positif. Usai melakukan pemakaman tim satgas dan mobil ambulans yang sudah digunakan langsung disemprot disinfektan. (Baca Juga: Zona COVID-19 di Sulsel: 1 Zona Hijau, 11 Oranye, dan 12 Kuning)



Juru Bicara Satgas COVID-19 Bone, dokter Yusuf, pihaknya telah memberikan kesempatan pada pihak keluarga untuk memilih tempat pemakaman umum, tetapi tim satgas yang harus melakukan proses mulai memandikan, mengkafani hingga memasukkan ke liang lahat.

Yusuf juga membenarkan bahwa lokasi pemakaman sudah memenuhi syarat yaitu jarak antara pemukiman penduduk dan lokasi pemakaman cukup jauh sehingga tidak ada masalah. (Baca Juga: Kasus Konfirmasi Covid-19 di Wajo Kembali Bertambah 4 Orang)

Untuk diketahui, kasus COVID-19 di Kabupaten Bone meningkat, sepekan ini terdapat 23 kasus sehingga jumlah kasus COVID-19 di daerah itu kini mencapai 244, empat di antaranya meninggal dunia, dua dimakamkan di pekuburan Macanda Kabupaten Gowa dan dua orang lainnya di Kabupaten Bone.
(nic)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top