Menegangkan, Aksi Pencurian Batu Bara Digagalkan, Kapal Polisi Nyaris Ditabrak

loading...
Menegangkan, Aksi Pencurian Batu Bara Digagalkan, Kapal Polisi Nyaris Ditabrak
Polisi berhasil menyergap kapal kayu milik komplotan pencuri batu bara di Pelabuhan Biringkassi, Pangkep. Kapal pencuri batu bara itu nyaris menabrak kapal polisi yang sedang berpatroli, Selasa (10/11/2020). Foto: Istimewa
PANGKEP - Detik-detik menegangkan antara aparat kepolisian dan komplotan pencuri terjadi di Pelabuhan Biringkassi . Pasalnya, kapal pencuri batu bara nyaris menabrak kapal polisi yang sedang berpatroli, Selasa (10/11/2020).

Dalam kejadian itu, Polsek Bungoro Polres Pangkep , berhasil mengamankan pelaku pencurian batu bara di atas sebuah kapal di laut Kecamatan Bungoro. Ada dua orang terduga pelaku pencuri batu bara berhasil diringkus. (Baca Juga: Polisi Periksa Sejumlah Pihak Terkait Video Mesum Legislator Pangkep)

Kapolsek Bungoro, Kompol Hari Suwita mengatakan, detik-detik penangkapan pelaku yang membuat petugas melepas tembakan. Saat akan diamankan, pelaku melakukan perlawanan.Tersangka berusaha untuk menabrak kapal petugas menggunakan kapal miliknya. Petugas pun terpaksa menembak kapal pelaku hingga bocor. “Dua orang pelaku diamankan yakni inisial AT (50) warga Bulukumba, TN (48) warga Makassar,” katanya.

Dalam operasi itu, polisi mendapati dua kapal kayu sedang bersandar di sebuah kapal tronton pengangkut batu bara. Rupanya, kedua kapal tersebut adalah komplotan spesialis pencuri batu bara yang sudah lama beroperasi.

“Anggota dibantu pihak keamanan dari perusahaan BUMNpun berusaha mendekati kapal komplotan pencuri batu bara. Namun saat petugas mendekat menggunakan kapal, salah satu kapal dari pelaku yang sudah bermuatan batu bara berusaha melawan dengan menabrak kapal petugas," ujarnya. (Baca Juga: Kecelakaan Kapal Nelayan, 7 Penumpang Selamat 1 Korban Menghilang)



Kesempatan itu dimanfaatkan pencuri yang menumpangi kapal satunya untuk kabur. Awalnya polisi pun terpaksa mengeluarkan tembakan peringatakan ke udara untuk menghentikan pelaku. Namun karena tembakan itu tidak diindahkan oleh pelaku, petugas pun melepaskan tembakan ke badan kapal pencuri hingga kapal milik pelaku bocor dan nyaris tenggelam.

“Anggota pun berhasil mengamankan dua pelaku berinisial AT dan TN yang merupakan warga Bulukumba dan Makassar," ujarnya. Dari tangan pelaku ditemukan senjata tajam berupa parang dan senapan angin. Kini dua pelaku beserta barang bukti kapal dan batu bara hasil curian seberat 7 ton berhasil diamankan oleh petugas.

Sementara kapal yang berhasil kabur identitasnya telah dikantongi dan dalam pengejaran petugas. “Dari pengakuan para pelaku, mereka sudah menjalankan aksinya sebanyak dua kali," ujarnya. (Baca Juga: Pencari Kepiting di Pangkep Hilang Usai Jolloro yang Ditumpangi Terbalik)

Sebelum beraksi, pelaku lebih awal memantau dan membuntuti kapal tronton. "Modusnya, membuntuti kapal tronton pengangkut batu bara. Saat kapal berhenti, pelaku pun kemudian naik ke atas kapal tongkang secara diam-diam. Kemudian menjalankan aksinya mencuri batu bara dengan menggunakan sekop yang sudah disiapkan terlebih dahulu," ujarnya.



Hasil curian rencananya akan dijual di wilayah Makassar.Akibat perbuatannya para pelaku terancam dijerat dengan pasal 362 tentang pencurian dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. Kapolsek Hari menjelaskan, tersangka menggunakan kapal kayu saat beraksi. Mencuri batu bara dari tronton yang sementara parkir. “Mereka sandarkan kapal di tronton, kemudian memindahkan batu bara dengan menggunakan sekop,” bebernya.

Berdasarkan keterangan tersangka, setiap kali beraksi pelaku berhasil membawa batu bara hingga tujuh ton.Hasil curian selanjutnya dikumpulkan di Makassar. “Tersangka saat ini diamankan di Mapolres Pangkep. Jika terbukti, terancam pidana penjara enam tahun," katanya.
(nic)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top