Kapolda Sulut Tegaskan Netralitas Polri Dalam Pilkada Serentak 2020

Kamis, 05 November 2020 - 10:44 WIB
loading...
Kapolda Sulut Tegaskan Netralitas Polri Dalam Pilkada Serentak 2020
Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol RZ Panca Putra kembali menegaskan soal netralitas Polri dalam Pilkada Serentak di Sulut. SINDOnews/Cahya
A A A
MANADO - Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol RZ Panca Putra kembali menegaskan soal netralitas Polri dalam Pilkada Serentak di Sulut. Penegasan ini disampaikan saat memimpin apel pembacaan dan penandatanganan Pakta Integritas dalam rangka netralitas Personel Polri dalam Pilkada Serentak tahun 2020 di Lapangan Upacara Polda Sulut, Kamis (5/11/2020).

Apel dihadiri Wakapolda Sulut Brigjen Pol Rudi Darmoko, para PJU, para Pamen, perwakilan Pama dan Bintara serta PNS Polda Sulut. Dalam pembacaan ikrar netralitas tersebut, ada 14 point yang wajib ditaati oleh seluruh personel Polda Sulut dan seluruh jajaran.

"Barusan kita semua mengucapkan dan mengikrarkan 14 poin sebagai bagian dari wujud komitmen bersama dilandasi komitmen pribadi untuk benar-benar menjaga netralitas dalam Pilkada Serentak 2020," ujar Irjen Pol RZ Panca Putra.

Netralitas ini kata Kapolda RZ Panca Putra, sudah diamanatkan dalam Undang-Undang bahwa anggota Polri tidak boleh memilih. "Jadi kita wajib menjaga netralitas dalam pilkada. Kita (Polri) ada keluarga, secara Undang-Undang mereka diberi hak namun merekapun narus menjaga netralitas, meski memiliki hak mereka (anggota keluarga) harus menjaga netralitas," ucapnya.

Menurutnya, tidak ada tawar menawar bagi seluruh personel selain menjaga netralitas dalam Pilkada Serentak tahun 2020.

Mantan Direktur Penyidikan KPK RI ini juga memberikan instruksi kepada fungsi pengawasan di Polda Sulut agar benar-benar turun untuk mengawasi, menjaga netralitas anggota Polri. "Saya tidak mau main-main, saya dengan tegas akan melaksanakn dan akan memberikan sanksi kepada anggota yang tidak menjaga netralitas," tegas Irjen Pol RZ Panca Putra. (Baca: Polisi Bekuk Perampok Spesialis Minimarket di Purwakarta).

Kapolda berharap penandatanganan Pakta Integritas Netralitas dalam Pilkada ini juga wajib diikuti oleh seluruh Fungsi Kepolisian di Polda Sulut. "Tetap jaga kesehatan, mudah-mudahan komitmen kita melalui Pakta Integritas bisa kita laksanakan bersama," tandas Irjen Pol RZ Panca Putra.
(nag)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3083 seconds (11.210#12.26)