Memungkinkan Donor Plasma Darah, FKM Unair: Kekuatan Imun Tubuh Kalahkan Virus

Jum'at, 08 Mei 2020 - 21:39 WIB
loading...
Memungkinkan Donor Plasma Darah, FKM Unair: Kekuatan Imun Tubuh Kalahkan Virus
Proses penelitian terkait donor plasma darah saat ini masih terus dilakukan. Foto/SINDONews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Anjuran bagi OTG (orang tanpa gejala) dari klaster Sampoerna untuk mendonorkan plasma darah, terbuka kemungkinan bisa dilakukan. Donor tersebut bisa menjadi bahan uji sebagai serum anti Covid-19.

Penelitian terhadap uji coba donor plasma darah ini harus mendalam. Sebab, perlu pembuktian dengan tes PCR.

Menurut akademisi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Surabaya, Laura Novika, OTG harus benar-benar kebal terhadap Covid-19.

“Patut diduga OTG ini memang tubuhnya tidak terdapat virus (corona). Karena kekuatan imun tubuh,” katanya kepada media, Jumat (8/5/2020).

Ia menjelaskan, jika ditubuh para OTG ini ada virus Covid-19, maka tubuh mereka membuat antibodi secara alami. “Maka memungkinkan bagi mereka diminta donor plasma darah,” terang Laura.

Wanita berjilbab ini menerangkan donor plasma darah berfungsi membuat tubuh dari penerima donor untuk memunculkan antibodi terhadap virus itu sendiri.

Lebih lanjut, Laura menjelaskan jika proses penelitian terkait donor plasma darah saat ini masih terus dilakukan. "Kalau di Indonesia ini kan masih terus dilakukan oleh PMI. Jadi biar proses penelitiannya berjalan terlebih dahulu," ujarnya.

Sementara, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya memastikan pihaknya siap untuk melakukan donor plasma darah. Peralatan untuk pengambilan sampel sebagai materi vaksin Covid-19 pun sudah tersedia.

Saat ini, mereka masih menunggu protap dari PMI Pusat sebagai acuan dalam mengambil plasma darah dari calon pendonor.

Kepala PMI Surabaya, Budi Arifah menjelaskan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengambilan plasma darah dari calon pendonor.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5457 seconds (0.1#10.140)