Sinergi Bergizi Bersama UMKM Menjaga Ekonomi

Senin, 26 Oktober 2020 - 13:35 WIB
loading...
Sinergi Bergizi Bersama UMKM Menjaga Ekonomi
Transportasi digital menjadi salah satu kunci Surabaya, menurunkan tingkat penularan COVID-19. Foto/SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Kota Pahlawan berhasil melewati masa-masa sulit ketika pandemi COVID-19 datang. Perubahan pola kebiasaan masyarakat yang beralih ke platform digital mampu mengurangi penularan serta tetap memacu ekonomi warga dalam upaya mencegah terjadinya resesi.

(Baca juga: Deklarasi Jogo Suroboyo Damai, Seluruh Elemen Jaga Kampung )

Mereka menciptakan kolaborasi yang tepat untuk mengubah banyak landskap keberhasilan di tengah krisis selama pandemi. Peran transportasi yang aman, sehat dan cepat pun menjadi kunci para UMKM untuk tetap eksis mendulang rejeki dan menjaga kesehatan mereka.

Sulikhah (48), pedagang ayam potong di Pasar Bendul Merisi bisa terus mendulang rejeki di tengah pandemi dengan cara mengubah pola penjualannya. Apalagi ketika sejumlah pasar tradisional di Surabaya menjadi klaster COVID-19 yang cukup banyak.

Di saat para pembelinya tak lagi datang ke pasar tradisional, ia memanfaatkan pengiriman ayam lewat transportasi online ke rumah-rumah pelangganya. Hasilnya pun mengembirakan dengan banyaknya pesanan yang datang.

(Baca juga: Tampil di Wayang Sejarah, Risma Bacakan Puisi Sang Kala )

"Awalnya bingung saat tak ada orang yang beli ke pasar, lewat grup di WhattsApp, para pelanggan saya tawari dan mereka saya kirimi ayam lewat Gojek ," kata Sulikhah, Senin (26/10/2020).

Caranya itu terbukti jitu. Pengiriman cepat dan aman bagi pelanggannya yang dilakukan lewat transportasi online menjaga penjualan ayamnya tetap melejit di masa sulit. Setidaknya tiap hari ia masih bisa menjual 90-100 ekor ayam.

Di tengah gelombang PHK yang terus terjadi selama pandemi, sektor ekonomi warga benar-benar terpukul. Para pelaku kuliner juga memutar otaknya untuk bisa terus bertahan di tengah pandemi yang memberikan dampak tak hanya ke sektor kesehatan saja, tapi juga pendulangan ekonomi warga.

(Baca juga: Jelang Lengser, Ini Curhatan Risma Selama Jadi Wali Kota Surabaya )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1524 seconds (0.1#10.140)