Bupati Suwirta Sampaikan Program Pengembangan Destinasi ke Kemenparekraf

Kamis, 22 Oktober 2020 - 06:56 WIB
loading...
Bupati Suwirta Sampaikan Program Pengembangan Destinasi ke Kemenparekraf
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta sempat menemui Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wawan Gunawan di Pelataran Parkir Pura Goa Lawah, Desa Pesingg
A A A
KLUNGKUNG - Disela acara persembahyangan kesejumlah pura, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta sempat menemui Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wawan Gunawan di Pelataran Parkir Pura Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Rabu (21/10).

Kunjungan rombongan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini untuk melihat destinasi sekaligus melakukan verifikasi terkait usulan revitalisasi infrastruktur pendukung berupa perbaikan toilet dan papan informasi.

Kesempatan bertemu dengan Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wawan Gunawan didampingi Staf Ahli Sekretaris Menteri, Ngurah Putra dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh Bupati Suwirta untuk menyampaikan hal-hal apa saja yang dibutuhkan dan menjadi program dalam penataan destinasi wisata termasuk dalam pengembangan destinasi ditengah situasi pandemi saat ini.

Didampingi Kepala Dinas Pariwisata, A.A Gede Putra Wedana dan Kadis PU, A.A Lesmana, beberapa hal disampaikan Bupati Suwirta kepada pejabat Kemenparekraf tersebut, seperti rencana penataan kios-kios pedagang dan penataan kawasan perbatasan (batas kabupaten), termasuk yang sudah dibangun yakni pembuatan rest area Goa Lawah.

“Beliau turun melihat destinasi dan secara khusus dalam waktu singkat akan membantu melakukan revitalisasi terhadap toilet-toilet yang ada di destinasi terutama yang ada di Goa Lawah ini,” ujar Bupati Suwirta.

Menurut Bupati, pemerintah pusat melihat keseriusan daerah dalam membangun khusunya dibidang pariwisata. Dengan keseriusan tersebut, kata Bupati Suwirta Kemenparekraf membuat program yang bisa di direct ke Kabupaten Klungkung. “Mudah-mudahan apa yang kita sampaikan bisa terealisasi segera,” harapnya.

Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wawan Gunawan mengatakan kunjungannya ke Kabupaten Klungkung untuk melihat langsung destinasi yang ada. Dalam kunjungannya itu juga dilakukan verifikasi terkait usulan Pemda tentang revitalisasi infrastruktur pendukung seperti toilet dan papan informasi di destinasi wisata Goa Lawah dan Desa Wisata Bakas. "Klungkung apa keunggulannya, salah satunya ini destinasi Pura Goa Lawah, infrastrukturnya perlu dilakukan revitalisasi," ujar Wawan Gunawan.

Kebersihan infrastruktur seperti toilet sangat mendukung kunjungan wisatawan. Wawan Gunawan menyebutkan lembaganya telah merancang program berupa Bimbingan Teknis (Bimtek) khusus bagi para pelaku penjaga toilet di destinasi wisata. Program ini menurutnya sudah dilakukan di destinasi Labuan Bajo, Mandalika dan Kupang. "Kita langsung adakan Bimtek dilokasi," sebutnya.
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1570 seconds (0.1#10.140)