Kiai Abdullah Syukri Zarkasyi di Mata Sang Murid Hidayat Nur Wahid

Rabu, 21 Oktober 2020 - 18:09 WIB
loading...
A A A
Dikatakan anggota Komisi VIII DPR ini, sang kiai adalah sosok yang menjadi rujukan dan layak untuk diteladani oleh para pemimpin umat Islam.

“Saya berharap apa yang sudah beliau lakukan, beliau ajarkan, dan beliau wariskan kepada murid-muridnya yang sekarang ini sudah menyebar dan mendirikan pondok-pondok pesantren atau berada dalam posisi-posisi kebangsaan maupun pimpinan-pimpinan publik, bisa betul-betul meneladani dan melanjutkan sunnah dan tradisi figur agama dan kepemimpinan yang bagus yang dilakukan oleh KH Abdullah Syukri Zarkasyi,” katanya.

Sebagai orang yang pernah diajar secara langsung oleh sang kiai, HNW mengatakan bahwa almarhum adalah guru yang sangat dekat dengan para muridnya, sosok kiai yang ilmu agamanya mendalam sekaligus memiliki kharisma.

”Kiai yang tegas, tapi sekaligus kiai yang punya wajah pembawaan teduh, ramah, tersenyum, menyapa. Itu artinya mengajarkan tentang kedekatan, keramahan. Bagi beliau, beragama itu bukan menyeramkan, beragama bukan membuat orang menjauh, beragama bukan membuat orang ketakutan,” ungkapnya.

Apa yang diajarkan oleh sang kiai kepada parasantrinya, kata HNW, menjadi guru, kiai, tokoh agama itu tidak menyeramkan,tidak menakutkan, tidak menjauhkan, tapi justru menghadirkan simpati, senyum, kehangatan, dan orang menjadi menyukai.

”Itu yang saya tangkap dari perilaku beliau sebagai seorang guru dan pengajar, sangat dekat dengan para santrinya. Beliau juga sangat suka dengan humor, guyonan, tapi sekaligus beliau adalah seorang kiai yang punya kharisma yang sangat kami kagumi,” pungkas HNW.
(msd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1101 seconds (0.1#10.140)