Kyai Haji Sukri Zarkasyi Akan Dimakamkan di Desa Gontor Ponorogo

Kamis, 22 Oktober 2020 - 01:01 WIB
loading...
Kyai Haji Sukri Zarkasyi Akan Dimakamkan di Desa Gontor Ponorogo
Putra Kyai Sukri Zarkasyi, Riza Azhari. Foto/iNewsTV/Ahmad Subekhi
A A A
PONOROGO - Pimpinan Pondok Darussalam Gontor , Ponorogo , Jawa Timur, Kyai Haji Sukri Zarkasyi meninggal dunia Rabu (21/10/2020) sore.

Sampai Rabu malam, jenazah masih disemayamkan di rumah duka dan akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Desa Gontor Ponorogo. (Baca juga: Kiai Abdullah Syukri Zarkasyi di Mata Sang Murid Hidayat Nur Wahid )

Berdasarkan pernyataan resmi keluarga, Kyai Sukri Zarkasyi wafat setelah sakit sejak tahun 2012 silam. (Baca juga: Razia Balap Liar di Ponorogo, Puluhan Pengendara Motor Diamankan Polisi )

Warga, kerabat dan alumni pondok, terus berdatangan ke rumah duka di Desa Gontor Ponorogo. Sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Ponorogo, kepolisian dan kyai, terus berdatangan.

"Innalillahi wa innailaihi rojiun. Beliau meninggal karena sakit sejak tahun 2012. Kyai Sukri berpulang sekitar jam 16.00 WIB. Sebelumnya almarhum sakit sejak tahun 2012," jelas putra Kyai Sukri Zarkasyi, Riza Azhari.

Almarhum lahir di Gontor 19 September 1942, putra pertama KH Imam Zarkasyi, seorang trimurti Pendiri Pondok Darussalam Gontor.

Alumni Universitas Al Azhar Cairo ini pernah menjabat Dewan Penasihat Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan segudang jabatan dalam dunia keilmuan islam, nasional dan internasional. Beliau
melanjutkan kepemimpinan pondok dari sang ayah.

Pondok Gontor telah melahirkan tokoh besar di negeri ini. Di antaranya yakni, Din Syamsuddin, anggota MUI dan mantan Ketua PP Muhammadiyah; Hasyim Muzadi, Ketua PBNU; Lukman Hakim Syaifudin, mantan menteri agama; dan juga cendekiawan Nurcholis Madjid dan banyak tokoh lainnya.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1802 seconds (0.1#10.140)