BMKG: Hindari Berteduh di Bawah Pohon saat Hujan Disertai Petir

Selasa, 20 Oktober 2020 - 07:59 WIB
loading...
BMKG: Hindari Berteduh di Bawah Pohon saat Hujan Disertai Petir
Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, Tuban Wiyoso. Foto/SINDOnews/Ahmad Antoni
A A A
SEMARANG - Masyarakat diimbau untuk lebih mewaspadai adanya potensi hujan lebat dalam waktu singkat, karena bisa menimbulkan banjir dan juga angin kencang . (Baca juga: Demonstrasi Tolak Omnibus Law, Anak STM: Jangan Provokasi Kami! )

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Semarang, mengungkapkan bahwa saat ini sedang terjadi fenomena La Nina di Samudra Pasifik dengan intensitas sedang. (Baca juga: Dini Hari Gempa M=4,6 Guncang Pangandaran, Tak Picu Tsunami )

"Dampak La Nina bagi curah hujan di Indonesia akan bervariasi, tergantung pada wilayah dan kekuatan La Nina . Namun yang pasti, memasuki peralihan musim hujan ini akan terjadi beberapa kali hujan deras dalam waktu singkat sepekan ini," terang Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, Tuban Wiyoso, Senin (19/10/2020).



Ia menyampaikan, bahwa musim hujan di awal Oktober hingga akhir November 2020 ini sudah terjadi di beberapa wilayah. (Baca juga: Pelajar di Gowa Bunuh Diri Diduga Stres PJJ, Ini Kata Psikolog )

Disebutkan, beberapa wilayah sudah masuk musim hujan dengan intensitas 50 milimeter dalam satu dasarian dan tiga dasarian berturut-turut. Sehingga masyarakat harus mewaspadainya, terutama untuk menghindari daerah-daerah terbuka saat hujan lebat disertai petir.

"Saat ini kan masa peralihan atau masa transisi. Masa peralihan biasanya ada hujan yang dalam waktu singkat hujan lebat . Umumnya pada siang dan sore hari. Kemudian angin kencang dan petir. Angin kencang bisa puting beliung," terangnya.

(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3022 seconds (0.1#10.140)