Wamen ATR/BPN Puji Capaian Proyek Kereta Api di Barru dan Pangkep

Rabu, 14 Oktober 2020 - 22:25 WIB
loading...
Wamen ATR/BPN Puji Capaian Proyek Kereta Api di Barru dan Pangkep
Suasana di dalam gerbong kereta api saat ditinjau Wamen ATR/BPN, Selasa (13/10/2020). Foto: SINDOnews/Muhammad Subhan
A A A
PANGKEP - Wakil Menteri (Wamen) ATR/BPN , Surya Tjandra meninjau pembangunan rel kereta api di dua kabupaten yakni Barru dan Pangkep, Rabu (14/10/2020). Dalam kunjungannya, ia sempat mengujicoba kereta api di stasiun Tanete Rilau, Barru.

Surya mengatakan, ia sangat menghormati capaian proyek ini. Menurutnya, capaian ini tak lepas dari kerja keras semua pihak yang disebutnya sebagai kolaborasi istimewa. Di sana, hadir pula forkopimda Barru dan Pangkep.



"Bukan cuma pemkab Barru atau Pangkep, di sini ada tangan Kementerian Perhubungan , pengadilan, polres, TNI dan banyak lagi, ini kolaborasi istimewa," kata Surya

Surya mengungkapkan, dengan selesainya proyek rel kereta api ini, maka seluruh warga patut berbangga, sebab rel kereta api besera gerbongnya dan seluruh perangkatnya ini, merupakan proyek kereta api pertama yang benar-benar dirintis pemerintah Indonesia sebagai negara merdeka.

"Kereta api yang ada di Jawa dan Sumatera sekarang itu, dibangun pemerintah Belanda dan tidak pernah kita sebagai bangsa merdeka membangun rel kereta api lagi. Ini yang pertama. Saya yakin, dengan jadinya nanti kereta api di sini maka peradaban baru akan dimulai," terangnya.



Sementara itu Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Timur, Jumardi menjelaskan, saat ini pembebasan lahan untuk Pangkep sudah mencapai 71% dengan progres konstruksi mencapai 40%. Ia optimistis seluruh proses pengadaan lahan rel di wilayah Pangkep akan rampung tahun ini.

"Ke depan akan semakin cepat prosesnya karena uangnya sudah ada di pengadilan. Tinggal konsinyasi," ujarnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4291 seconds (0.1#10.140)