Krematorium TPU Madurejo Prambanan Mudahkan Umat Hindu Lakukan Kremasi

Selasa, 13 Oktober 2020 - 16:56 WIB
loading...
Krematorium TPU Madurejo Prambanan Mudahkan Umat Hindu Lakukan Kremasi
Bupati Sleman Sri Purnomo meresmikan krematorium di TPU Madurejo, Prambanan, Sleman, Selasa (13/10/2020). Foto/Ist
A A A
SLEMAN - Bupati Sleman Sri Purnomo, meresmikan krematorium di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Madurejo, Prambanan, Sleman, Selasa (13/10/2010).

Krematorium ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat Hindu di Sleman dan sekitarnya melakukan prosesi kremasi sesuai ajaran agama dan kepercayaannya.

Bangunan Krematorium yang diresmikan berdiri di atas lahan seluas 1000 meter persegi, dengan kelengkapan bangunan utama, 2 tungku pengabuan jenazah, bale pawedan, sanggah surya, toilet, gudang, bangunan peilinggih, tempat penyimpanan abu, 5 tabung gas elpiji ukuran 50kg, genset 5000 watt dan kereta jenazah.

Bupati berharap, keberadaan krematorium ini dapat membantu umat Hindu di Sleman dan sekitarnya melakukan kremasi jenazah. Untuk itu, pengelolaan diharapkan mengedepankan asas kemanusiaan. Termasuk membantu umat apabila ada yang kurang mampu.

“Tentunya dengan berkoordinasi dahulu dengan dinas terkait selaku pengeloka TPU Madurejo,” kata bupati Sleman dua periode itu. (Baca juga: 20 Perwira Sekolah Instruksi Penerbang Latihan Terbang Malam)

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Sleman, Anak Agung Alit Mertayasa, mengaku bahagia adanya krematorium TPU Madurejo ini. (Baca juga: Antre, Ribuan Warga Sleman Diimbau Bersabar untuk Dapatkan Rusunawa)

Umat Hindu di DIY, khususnya di Sleman, jelas dia, telah lama menginginkan bisa memiliki krematorium sendiri sehingga dapat melakukan proses kremasi.

Selama ini umat Hindu di Sleman dan sekitarnya meminjam fasilitas kremasi milik Kelompok Kematian Yogyakarta yang ada di daerah Pingit, Yogyakarta. “Setelah lama menanti, akhirnya ada kremataorium di sini,” tuturnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)