Bawaslu Bateng Temukan Jumlah 1.559 Pemilih Ganda

Senin, 12 Oktober 2020 - 13:51 WIB
loading...
Bawaslu Bateng Temukan Jumlah 1.559 Pemilih Ganda
Ketua Bawaslu Bateng, Robianto. Foto/SINDOnews/Rach
A A A
BANGKA TENGAH - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menemukan sebanyak 1.559 orang pemilih ganda di wilayahnya.

Temuan ganda ini hasil analisa Bawalu Bateng terhadap 129.199 Data Pemilih Sementara (DPS) yang di plenokan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bateng.

“Temuan ini hasil analisa kami terhadap DPS melalui aplikasi Lada Putih 2020 milik Bawaslu Bateng. Dari total DPS yang ada kita temukan sebanyak 1.559 data pemilih ganda,” ujar Ketua Bawaslu Bateng, Robianto, SE. MH, Senin (12/10/2020).

Menurut Robianto, temuan data pemilih ganda ini dijumpai di seluruh kecamatan di Bateng. “Temuan data pemilih ganda ini terbanyak di temukan di kecamatan Sungaiselan. Dimana terdata sebanyak 526 pemilih," tuturnya.

Sedangkan kecamatan Namang, kata dia, menjadi kecamatan paling sedikit ditemukan pemilih ganda, yakni sebanyak 68 pemilih. "Temuan ini pun telah difaktualkan oleh jajaran Panwascam di masing-masing kecamatan,” terangnya. (Baca juga: OPM Gunakan Tameng Hidup Warga Sipil saat Serang Pos Koramil Hitadipa Papua)

Dari hasil penelitian faktual, Bawaslu Bateng telah mengirimkan data temuan ini kepada KPU Bateng selaku penyelenggara Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Bateng tahun 2020.

“Hasil ini telah kita serahkan ke KPU Bateng, dan kita minta pada pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) nantinya, data ini telah dibersihkan,” ujarnya. (Baca juga: Koarmada III Sorong Uji Hover Dropping Zone di Gedung dan KRI)

Adapun temuan kegandaan data pemilih oleh Bawaslu Bateng mencakup kegandaan antar TPS, ganda antar desa dan ganda antar kecamatan, baik pemilih ganda identik maupun tidak identik.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)