Pjs Bupati Asmat Serahkan DPPA kepada Kepala OPD

Sabtu, 10 Oktober 2020 - 14:24 WIB
loading...
Pjs Bupati Asmat Serahkan DPPA kepada Kepala OPD
Pjs Bupati Asmat Triwarno Purnomo, menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran Organisasi Perangkat Daerah (DPPA-OPD) tahun anggaran 2020 kepada Kepala OPD.
A A A
AGATS - Pjs Bupati Asmat Triwarno Purnomo, menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran Organisasi Perangkat Daerah (DPPA-OPD) tahun anggaran 2020 kepada Kepala OPD. Penyerahan DPPA-OPD berlangsung di Aula Kantor BPKAD, Distrik Agats, Jumat (9/10/2020). Triwarno didampingi Sekda Asmat Bartholomeus Bokoropces, dan Wakil Ketua II DPRD Asmat Jasman Tumpu.

Triwarno dalam sambutannya mengatakan, sesuai dengan pedoman keuangan daerah perubahan anggaran bisa terjadi karena beberapa hal. Di antaranya, program yang tidak sesuai dengan kebijakan umum anggaran sehingga menyebabkan pergeseran anggaran belanja, dan kegiatan organisasi lainnya.

Selain itu, pergeseran anggaran bisa terjadi karena keadaan darurat, keadaan luar biasa dan sebagainya. Seperti yang terjadi di tahun 2020 terjadi pergeseran anggaran akibat pendemi Covid-19. "Apalagi di tahun 2020 ini kita diperhadapkan dengan pandemi Covid-19 yang terasa di seluruh daerah di Indonesia," kata Triwarno.

Akibat dari pendemi Covid-19, kata Triwarno, maka selain pemerintah pusat membantu daerah melalui APBN, pemerintah daerah juga wajib menyediakan anggaran penanganan Covid-19. Hal ini demi melindungi masyarakat dari penyebaran Covid-19. "Alasan-alasan inilah yang menjadi dasar untuk dilakukanya perubahan dan pergeseran anggaran," ujar Triwarno.

Sebagai mitra pemerintah, Triwarno bersama jajaran mengucapkan apresiasi kepada DPRD Asmat atas sinergitas dan dukungan mensukseskan segala aktivitas pembangunan di Kabupaten Asmat. Semoga kedepannya dukungan dari legislatif dan stakeholder lainnya terus terjalin agar semangat pembangunan di Asmat terus digencarkan. "Terimah kasih kepada DPRD Asmat telah menjadi mitra yang baik, demi mensukseskan agenda pembangunan demi kesejahteraan masyarakat," tutur Triwarno.

Perlu diketahui, sebelum penyerahan DPPA-OPD, telah digelar rapat evaluasi APBD Triwulan II Tahun 2020, pada Rabu (7/10/2020). Rapat evaluasi ini adalah agenda rutin yang dilaksanakan oleh pemerintah setempat, dengan tujuan mempercepat penyerapan anggaran dimasing-masing OPD.

Mengingat, waktu efektif untuk pembangunan tahun 2020 sudah masuk di pertengahan tahun. "Maka itu, mari kerja cepat, efektif dan efesien, sehingga harapan pembangunan di Asmat dalam tahun ini berjalan sesuai harapan bersama," ucap Triwarno pada rapat evaluasi tersebut.

Dalam rapat evaluasi itu juga Kepala BPKAD Asmat Hallason Frans Sinurat menyampaikan realisasi APBD Asmat sampai dengan 31 September 2020. Di antaranya, dana transfer berupa DBH, DAU, DAK, Dana Desa, DBH dan Dana Otsus dari provinsi, serta realisasi pendatapan daerah lain yang sah. "Memiliki total realisasi per 31 September telah mencapai 59 persen," kata Frans.

Menurut Frans, kendala yang dihadapi tahun 2020 akibat dari resesi ekonomi, yang berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi lokal yang menyebabkan realisasi pajak dan retribusi. "Hal ini belum optimal, dan juga transfer dana dari pemerintah pusah dan provinsi yang tidak stabil," ujar Frans.

Dalam rapat evaluasi itu, Frans mengingatkan kepada seluruh OPD agar mempercepat penyerapan anggarannya. "Karena sangat menentukan transfer dana pada tahap selanjutnya," pungkas Frans.
(alf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1364 seconds (0.1#10.140)