Jabar Sukses Raih Trofi Indonesia Awards 2020 dari INews

Jum'at, 09 Oktober 2020 - 10:28 WIB
loading...
Jabar Sukses Raih Trofi Indonesia Awards 2020 dari INews
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menerima trofi Indonesia Awards 2020 dalam kategori Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di iNews Tower, Kebon Sirih, Jakarta, Rabu (7/10/20) malam. Foto/Humas Pemprov Jabar
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil menerima trofi penghargaan kategori Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Malam Puncak Indonesia Awards 2020 yang digelar di iNews Tower, Kebon Sirih, Jakarta, Rabu (7/10/2020) malam.

"Saya ucapkan terima kasih kepada tim iNews dan dewan juri yang telah memilih Jawa Barat sebagai provinsi terbaik di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif," ucap Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil dalam keterangan resminya, Jumat (9/10/2020).

Dalam kesempatan itu, Kang Emil menjelaskan bahwa Jabar memiliki potensi kekayaan alam dan sumber daya manusia (SDM) unggul di bidang ekonomi kreatif. Bahkan, kata Kang Emil, Jabar mampu menyumbang sepertiga ekspor ekonomi kreatif nasional.

Selain itu, sektor pariwisata juga mampu mengangkat ekonomi lokal, sehingga jumlah masyarakat, khususnya di wilayah selatan Jabar yang mengadu nasib bekerja di luar negeri berkurang secara signifikan.

"Karena memang (Jabar) tanahnya indah, orangnya kreatif. Sepertiga ekspor ekonomi kreatif Indonesia datang dari Jawa Barat. Jadi, kunci pariwisata dan ekonomi kreatif akan terus kita kembangkan karena tanah Jawa Barat diciptakan saat Tuhan sedang tersenyum," tutur Kang Emil.

Dia menyatakan, Pemprov Jabar akan terus mendorong sektor pariwisata di Jabar, termasuk di masa pandemi global COVID-19 dengan memperhatikan protokol kesehatan.

"Sambil menunggu vaksin, yang terpenting disiplin menjaga protokol kesehatan (yaitu) pakai masker, jaga jarak, dan sering cuci tangan dengan sabun," ujar Kang Emil.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, Dedi Taufik menambahkan, pihaknya memiliki tiga langkah atau fase terobosan pemulihan pariwisata di masa pandemi COVID-19 lewat kolaborasi pentahelix.

"Terobosan di masa pandemi, selain ada tanggap darurat, emergency kesehatan, kami juga punya target Juni sampai Desember ini pemulihan pariwisata. Kemudian, di Januari (2021) akan coba melakukan normalisasi," terangnya.

Selain itu, pihaknya juga berkomitmen menjadikan pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi di Jabar, di antaranya dengan membentuk Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jabar, membangun creative center di kabupaten/kota se-Jabar, serta mengembangkan destinasi pariwisata tipe 1 dan destinasi wisata tipe 2.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1844 seconds (0.1#10.140)