Jabar Bagikan 1,9 Juta Paket Bansos COVID-19 Tahap III

loading...
Jabar Bagikan 1,9 Juta Paket Bansos COVID-19 Tahap III
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat mengecek logistik bansos COVID-19 di Kantor Sentral Pengolahan Pos (SPP) Bandung, Kota Bandung. Foto/Dok. Humas Pemprov Jabar
BANDUNG - Kabar baik bagi masyarakat terdampak COVID-19 di Provinsi Jawa Barat (Jabar). Pemprov Jabar, dipastikan mulai membagikan paket bantuan sosial (bansos) tahap III kepada sekitar 1,9 juta penerima, 14 Oktober 2020 mendatang.

(Baca juga: Jual Gadis Belia untuk Pemuas Seks, 3 Pemuda Dibekuk Polisi)

Kepastian tersebut diperoleh setelah Pemprov Jabar, menggelar kick of penyaluran bansos tahap III yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar, Setiawan Wangsaatmaja di Gudang Panasia, Jalan Mohamad Toha, Kota Bandung, Rabu (7/10/2020) kemarin.

Menurut Setiawan, para penerima bansos tahap III sudah melalui 22 proses seleksi berjenjang hingga menghasilkan jumlah penerima sebanyak 1,9 juta kepala keluarga (KK) lebih. (Baca juga: Senyum Nurbuwati Setelah 50 Tahun Hanya Bisa Pakai Air Keruh)



"Yang mendaftar ke Pikobar (Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jabar) itu 3,5 juta KK, namun tidak serta merta yang mendaftar mendapatkan bantuan," kata Setiawan dalam keterangan resminya, Kamis (8/10/2020).

Pihaknya memastikan bahwa tidak akan ada penerima yang bakal memperoleh bansos ganda. Terlebih, bansos COVID-19 berasal dari sembilan pintu. Bahkan, pihaknya pun mempertimbangkan profesi hingga usia dalam menentukan penerima bansos tersebut. "Ada dalam screening, yang usianya di bawah 17 tahun atau lima tahun itu kan tidak mungkin," ujarnya.

(Baca juga: Selewengkan Ratusan Juta Dana Desa, Kades di Cirebon Dipenjara)



Menurut Setiawan, paket bansos tahap III mengalami perubahan komposisi. Sebelumnya, komposisi bansos tahap I dan II terdiri atas bantuan tunai senilai Rp150.000 dan non-tunai berupa paket sembako senilai Rp350.000. "Bansos tahap III ini terdiri atas bantuan tunai Rp250.000 dan non-tunai Rp250.000," sebutnya.

Lebih lanjut Setiawan mengatakan, bansos tahap III akan mulai disalurkan 14 Oktober mendatang langsung kepada penerima melalui PT POS dan diperkirakan akan selesai selama 15 hari. "Sekitar tanggal 14 Oktober distribusi, penyalurannya langsung ke warga penerima, masih menggunakan PT POS dan diperkirakan 15 hari akan kita selesaikan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disindag) Jabar, Arifin Soedjayana merinci, total penerima bansos tahap III sebanyak 1.907.274 KK. (Baca juga: Bangun PCTC, Mondelez International Investasi Rp190,5 M di Jatim)

Dia juga memastikan bahwa data penerima bansos tahap III ini sudah diverifikasi dan dipadankan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). "Oleh karena itu, diharapkan ketepatan data pada bansos tahap III ini lebih baik. Kita berharap, penyalurannya dapat selesai 29 Oktober nanti," katanya.
(eyt)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top